Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Senin, 11 Desember 2023

Tempe Semakin Mini, Pedagang Tempe Pasar Minggu Putar Otak

 


Pasar Minggu, Rabu (06/12/2023)

Pasar Minggu, Jakarta Selatan - Harga kedelai yang terus naik menjelang tahun baru, hal ini membuat para pedagang tempe di Pasar Minggu harus memutar otak dan mencari cara agar penjualan tetap stabil. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecilkan ukuran tempe.


Ibu Siti, salah satu seorang pedagang tempe di Pasar Minggu, mengatakan bahwa harga kedelai saat ini mencapai Rp20.000 per kilogram. Hal ini yang membuat ukuran tempe berbeda dari biasanya.


"Harga tempenya nggak bisa dinaikin, tapi harga kacang kedelainya naik terus." jelas Ibu Siti dalam wawancaranya pada, Rabu (06/12/2023).


Kenaikan harga kedelai membuat Ibu Siti menjual tempe dengan ukuran yang lebih kecil daripada biasanya. Dua tempe dijual dengan harga Rp15.000. Bahkan, Ia pernah menjual tiga tempe seharga Rp10.000 karena sepi pembeli.


"Kalau tempenya tidak laku, saya biasanya bagi-bagikan" ujar Ibu Siti


Sebagai pedagang, Ibu Siti mengaku tidak mengetahui faktor pendorong naiknya harga kedelai. Namun, ia berharap harga kedelai bisa kembali normal sehingga pendapatannya kembali stabil seperti semula.


Reporter : Nindi Atika
Redaktur : Meuthia Hamidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar