Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Jumat, 22 Desember 2023

Mengenal Ritual Ma’Nene di Toraja Bersama Program Ada Apa Disini Kemenparekraf

 


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memiliki program yang sangat menarik di kanal Youtube mereka, yaitu Ada Apa Disini?. Program Ada Apa Disini merupakan program yang menampilkan kelebihan wisata-wisata yang dimiliki oleh provinsi-provinsi di Indonesia. Salah satu yang menarik saat membahas mengenai ritual adat di Toraja Utara yang diunggah pada Sabtu (4/11/2023).


Toraja memiliki upacara adat yang kental dan masih dijalankan hingga saat ini. Salah satunya ritual Ma’nene di Loko’mata Batutumonga. Pada tradisi ini, mayat leluhur yang sudah lama dimakamkan, dikeluarkan dari dalam liang untuk dibersihkan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kemudian dikenakan baju yang baru dan dikembalikan ke dalam peti.



Tak hanya itu, ritual ini juga mengorbankan hewan yaitu kerbau atau babi. Mereka memiliki sebuah kepercayaan, apabila tidak mengorbankan kerbau atau babi, maka sang pemilik tubuh tidak akan sampai ke Puya atau Surga.



Dalam video YouTube tersebut, ketua panitia pelaksana upacara Ma’nene yaitu Yusuf Seru menyampaikan makna atau arti dari ritual Ma’nene itu sendiri. Ritual Ma’nene diartikan sebagai tanda mengasihi orang tua yang sudah mengasihi anak dan cucunya, sehingga bagi yang masih hidup dapat merasa senang untuk merawat dan mengenang kembali jasa-jasa almarhum. 


Keunikan ritual Ma’nene yang belum serempak dilaksanakan di kecamatan lain ini pun membuat banyak wisatawan tertarik untuk memahami dan merasakan langsung ritual tersebut di Toraja Utara. Sehingga adanya program Ada Apa Disini oleh Kemenparekraf membantu meningkatkan rasa penasaran masyarakat luas untuk datang langsung ke tanah Toraja.


Reporter : Meuthia Hamidah

Redaktur : Meuthia Hamidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar