Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 23 Desember 2023

Anies Janji Akan Atur Ulang UU Ketenagakerjaan Jika Menjadi Presiden


JAKARTA – Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengungkapkan komitmennya untuk mengubah dan meninjau kembali Undang-Undang (UU) Cipta Kerja jika terpilih sebagai Presiden pada tahun 2024. Pernyataan ini muncul sebagai tanggapan terhadap pertanyaan seorang mahasiswa selama dialog publik, di mana UU tersebut dinilai tidak memberikan keuntungan bagi para pekerja.

Anies, dalam penjelasannya, mengkritik UU Cipta Kerja yang dinilainya tidak berpihak kepada pekerja meskipun memiliki nama yang merujuk pada penciptaan lapangan kerja. "Namanya saja Cipta Kerja tetapi tidak berpihak kepada pekerja. Bagaimana komitmen Bapak Anies Baswedan terkait itu?" ujar seorang mahasiswa seperti dilansir oleh detikNews pada Kamis (21/12/2023).

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, Anies menegaskan bahwa UU Cipta Kerja akan di-review ulang oleh pihaknya dengan tujuan memastikan prinsip keadilan tercermin dalam UU Ketenagakerjaan. Ia menyakini bahwa revisi tersebut akan menciptakan rasa keadilan yang lebih besar dalam implementasi undang-undang tersebut.

"(UU Ciptaker) Akan kami review ulang, memastikan prinsip keadilan muncul dalam UU Ketenagakerjaan kita," kata Anies.


Anies pun menceritakan kalau dirinya juga menjadi salah satu pihak yang kontra akan peraturan tersebut ketika duduk sebagai Gubernur DKI Jakarta. Saat itu Anies membuat kebijakan besaran UMP DKI Jakarta lebih besar dari yang sudah ditetapkan dalam UU tersebut.


"UMP-nya naik hanya 0,8 persen. Padahal kondisi ekonominya sudah lebih baik. Harusnya di atas 3 persen bukan malah jadi 0,8 persen. 0,8 persen itu kira-kira Rp30.000. Rp30.000 kenaikan itu bisa buat apa coba? Harusnya itu sekitar Rp400 ribu rupiah harusnya," katanya.


Dengan pengalaman tersebut, Anies terdorong dan menjanjikan bakal mengkaji ulang UU Ciptaker jika terpilih sebagai presiden. "InsyaAllah itu yang akan kita kerjakan," tutupnya. (tan)


Reporter     : Intan Rizki Utami (203516516160)

Redaktur    : Friska Sabrina (203516516372)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar