Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Rabu, 13 Desember 2023

Sosialisasi perubahan E-KTP dan Kartu Keluarga Elektronik bagi Kelurahan Cileungsi Kidul

 

Setelah beredarnya perubahan E-KTP dan Kartu keluarga yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri). seiring pengembangan sistem informasi data kependudukan dari KTP el menuju KTP-el digital atau identitas digital. Sebab, identitas digital tersebut akan di-launching antara April atau Mei 2022 mendatang.

Kelurahan Cileungsi Kidul sejak 2023 awal sudah mensosialisasikan perubahan KTP dan Kartu Keluarga Digital, Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Rudi Sukarya. Pada Sosialisasi ini Kepala Desa Cileungsi Kidul menginformasikannya melalui RT dan RW Setempat (08/11/2023).

Identitas digital bagi penduduk akan menjadikan pembuatan identitas menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih murah, hemat dan efisien. E-KTP, imbuhnya digital akan melekat pada ponsel masing-masiing warga. Apabila perangkat ponsel hilang, maka warga bisa meminta ke Dukcapil setempat untuk mengirimkan e-KTP digital ke perangkat yang baru.

Selain itu identitas digital juga dapat mencakup rekam jejak aktivitas digital misalnya postingan di media sosial riwayat transaksi kita. Dan seluruh catatan online ini baik secara sendiri-sendiri maupun kumulatif membentuk suatu identitas digital.
Secara singkat identitas digital berfungsi sebagai pembeda antara satu individu atau organisasi ketika beraktivitas di ruang digital.

Dalam pengembangan sosialisasi tersebut diharapkan warga desa cileungsi kidul dapat segera mengurusnya melalui RT dan RT masing-masing agar dapat tergantikan oleh adanya E-KTP dan Kartu Keluarga Elektronik tersebut.

Pegawai Desa Cileungsi Kidul berharap agar warganya segera melakukan perubahan jika tidak ingin ketinggalan oleh perkembangan jaman yang serba Digital ini.

Reporter :Feri Dwi Febriansyah

Redaktur : Riedho Nur Aliansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar