Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Kamis, 14 Desember 2023

Car Free Day Sebagai Sebuah Perwujudan Protes Yang Masif



Car Free Day atau CFD adalah sebuah inisiasi yang dilakukan sebagai bentuk protes terhadap penggunaan kendaraan bermotor yang berdampak buruk bagi lingkungan. Dilansir dari carfreedayindonesia.org, Car Free Day adalah sebuah kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota-kota besar di seluruh dunia yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.


Negara yang pertama kali mengadakan CFD adalah Belanda. Pada 25 November 1956, Belanda melaksanakan Car Free Day setiap hari Minggu. Hal tersebut merupakan respons dari budaya mobil tahun 1950-an yang dianggap sebagai masalah di pusat kota. Setahun berselang, inisiasi tersebut juga diadopsi oleh Belanda.

Pada 1994, sebuah penelitian tentang ketergantungan pada mobil didistribusikan dalam sebuah konferensi internasional. Negara-negara di Eropa kemudian mulai berpikir untuk melakukan inisiasi CFD seperti yang telah dilakukan Belanda dan Belgia. Pada 1995, Prancis melaksanakan pesta untuk memperingati Green Transport Week. Pesta tersebut menandai kegiatan CFD yang diperingati setiap tanggal 22 September.


Pengaruh CFD tersebut meluas hingga seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Jakarta tercatat menjadi kota pertama di Indonesia yang melaksanakan CFD. Saat itu, CFD dilakukan pada 2001 di Jalan Imam Bonjol.


Berikut dampak positif CFD

1. Berdampak positif terhadap lingkungan

Dilansir dari examvatika.com, pembakaran bahan bakar fosil dari kendaraan bermotor merupakan penyebab utama polusi udara dan emisi gas rumah kaca. Dengan sementara waktu menghilangkan mobil dari jalan kota, masyarakat dapat menikmati udara yang lebih bersih.


2. Mempromosikan moda transportasi yang lebih ramah lingkungan

CFD mendorong masyarakat untuk menjajal mode transportasi alternatif, seperti bersepeda, berjalan kaki, dan menggunakan transportasi umum,.Perubahan ini tidak hanya mengurangi polusi tetapi juga mengurangi kemacetan lalu lintas, membuat area perkotaan lebih mudah diakses dan lebih menyenangkan.


3. Hidup lebih sehat

CFD mempromosikan aktivitas fisik dan gaya hidup yang lebih sehat. Ketika orang memilih berjalan atau bersepeda daripada mengemudi, mereka mendapatkan manfaat kesehatan fisik dan mental yang terkait dengan olahraga teratur. Udara yang lebih bersih juga berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup.


4. Membangun komunitas

CFD mendorong terbentuknya jalinan komunitas. Dengan jalan-jalan bebas dari dominasi mobil, lingkungan menjadi ruang sosial yang lebih baik. Orang-orang memiliki kesempatan untuk berinteraksi, mengadakan festival jalanan, dan menikmati lingkungan perkotaan dengan cara yang seringkali tidak mungkin dilakukan pada hari-hari biasa.


5. Mendinginkan bumi

Dikutip dari greenpeace.org, mengurangi kendaraan bermotor yang menghasilkan polusi akan membantu untuk mendinginkan Bumi. Taman sebagai pengganti jalan dan beton yang menyerap panas akan membantu mengurangi panas di perkotaan. Secara umum, CFD membuat kota-kota kita menjadi tempat tinggal yang lebih sejuk.


Reporter : Muhammad Valdi Dewanta

Redaktur : Irawan Dwi Suseno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar