Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Rabu, 13 Desember 2023

Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Polsek Cinere Intensifkan Patroli dan Pengamanan

 

Kondisi lalu lintas di sekitar Polsek Cinere

Depok - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Polsek Cinere memastikan kesiapan dan kewaspadaan maksimal dengan mengintensifkan operasi patroli dan pengamanan. Langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam upaya mengintensifkan perayaan Nataru, Operasi Lilin dilakukan dengan kekuatan penuh. “Kita dari pihak kepolisian ada operasi lilin, operasi lilin itu dilakukan dengan kekuatan full, agar benar-benar aman wilayah-wilayah,” ujar Kanit Samapta Polsek Cinere Polres Metro Depok, Iptu Rumain, di Polsek Cinere, Depok, Senin (11/12/2023).

Rumain mengatakan, untuk perayaan Natal patroli keliling rutin dilakukan secara spesifik di sekitar gereja-gereja dengan menerapkan sistem 12 jam, 24 jam. 

“Patroli keliling biasanya dilakukan ke gereja-gereja. Kalau kami sistemnya 12, 24. Contohnya dari jam delapan pagi sampai delapan malam," kata Rumain.

Kemudian, upaya patroli ini tidak hanya terbatas di sekitar gereja-gereja menjelang perayaan Natal saja, tetapi juga merambah ke pemantauan rutin di permukiman warga dengan tujuan mengantisipasi tindakan kriminal seperti pencurian yang rawan terjadi di wilayah Cinere.

“Biasanya kalau malam rawan sekali pencurian, apalagi rumah-rumah kosong. Dan pastinya dengan Binmas yang sudah dekat dengan masyarakat kita ke rumah-rumah warga untuk patroli,” ungkap Rumain.

Lebih lanjut, Rumain menjelaskan bahwa wilayah-wilayah yang menjadi fokus patroli dan pengamanan Polsek Cinere melibatkan dua kecamatan, yaitu Kecamatan Cinere dan Kecamatan Limo. 

“Berhubung tugas Samapta meliputi dua kecamatan, jadi pelaksanaannya dilakukan di wilayah Kecamatan Cinere dan Kecamatan Limo. Atau biasanya di Jalan Bandung sini,” jelas Rumain.

Rumain menuturkan, meskipun patroli tidak selalu terlihat oleh masyarakat, namun dengan keberadaannya saja dapat mengantisipasi potensi pelaku kejahatan. 

“Memang patroli itu tidak kelihatan, tapi dengan patroli orang berpikir ada polisi, jadi orang mau melakukan kejahatan mikir-mikir,” tutur Rumain.

Adapun, patroli dan pengamanan tidak hanya dilakukan ketika menjelang Natal atau Tahun Baru saja, melainkan juga berlangsung pada setiap harinya ataupun saat perayaan keagamaan lainnya.

“Pasti akan tetap pasang patroli. Karena kita Samapta, tugas pokoknya patroli dan mengawal penjagaan,” tutup Rumain.


Reporter: Galuh Pramesti Regita Andini.

Redaktur: Khalda Livia Zahrah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar