Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Rabu, 18 Januari 2023

Pemerintah Indonesia Meneruskan Kebijakan Hilirisasi


Hilirisasi merupakan suatu strategi untuk meningkatkan nilai tambah komoditas yang kita miliki. Dengan adanya hilirisasi, kedepannya komoditas yang diekspor bukan lagi berupa bahan baku, tetapi berupa barang setengah jadi atau barang jadi.

Kebijakan hilirisasi yang terbukti mampu meningkatkan nilai tambah dari SDA yg dikelola, terbukti kebijakan hilirisasi mampu menambah nilai ekspor bijih nikel yang menjadi Rp.360 Triliun dari sebelumnya Rp. 17 Triliun

Dampak penguatan hilirisasi industri kelautan bagi kehidupan masyarakat antara lain sebagai berikut :

1. memperkuat taraf ekonomi masyarakat
2. mengembangkan sumber daya manusia
3. meningkatkan pemasukan bagi negara
4. terbukanya lapangan kerja baru, dan lain-lain.

Terkait pengembangan industri berbasis tambang dan mineral, Kemenperin tengah berupaya memacu nilai tambah pada lima komoditas ini, yaitu bijih tembaga, bijih besi dan pasir besi, bijih nikel, bauksit, serta logam tanah jarang. “Perkembangan dari hilirisasi di sektor ini telah menghasilkan sebanyak 27 smelter yang telah beroperasi meliputi pyrometallurgy dan hydrometallurgy nikel, kemudian 32 yangdalam tahap konstruksi, dan enammasih tahap feasibility study,” ungkap Agus.

Kedepannya, Menperin berharap, smelter nikel tidak hanya melakukan ekspor dalam bentuk NPI maupun bahan baku baterai, tetapi dalam bentuk produk lebih hilir seperti produk hilir berbahan baku stainless steel dan baterai listrik. “Kemampuan hilirisasi sektor ini juga akan menghasilkan produk-produk di hilir atau produk jadi seperti peralatan kesehatan, dapur, kedirgantaraan dan kendaraan listrik. Peningkatan nilai tambah dari bijih nikel bisa mencapai 340-400 kali lipat,” paparnya.

Reporter : Sultan Nauval Ariq

Redaktur : Dimas Aria Warman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar