Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Selasa, 10 Januari 2023

MENJAGA DAN MENERTIBKAN MASYARAKAT AGAR TIDAK ADA KERICUHAN DI MUKA BUMI

 


JAKARTA- Tugas seorang polisi mengemban tugas utama yaitu bertindak tegas dalam menghadapi kejahatan dan pelanggaran demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di muka bumi. Sebagai aparat penegak hukum, polisi memiliki peranan penting di setiap negara berdaulat. Di Indonesia, profesi ini berada dalam sebuah lembaga keren bernama Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). Tugas lainnya yang pasti bikin kamu makin bangga adalah melakukan tindakan pencegahan kriminal, melakukan penyelidikan terhadap pelanggaran hukum, memberikan perlindungan, mengawal orang-orang penting, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Quipperian, terdapat pula beberapa jenis tugas polisi yang lebih khusus seperti menjadi penyidik, mengidentifikasi sidik jari, mengatur lalu lintas, mengemudikan kapal laut, hingga bertanggung jawab mengatur anjing pelacak.

“ Tugas polisi itu sebenarnya punya tanggungan yang berat. Harus bisa membubarkan bila ada kericuhan di suatu tempat, mendamaikan kedua belah pihak agar tidak ada lagi kericuhan “ Ujar Kiki

Di awal masa kemerdekaan, kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara. Bertanggung jawab secara administrasi pada Kementerian Dalam Negeri dan secara operasional pada Jaksa Agung.

Mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.


Reporter : Thoriq Alkausar

Redaktur : Alvin Renaldi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar