Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Jumat, 13 Januari 2023

Audiensi Tentang Bencana Itaewon Kembali Dilakukan, Pihak Kepolisian Banyak Menutupi Kebenaran yang Terjadi

(Asosiasi Keluarga Korban Bencana Itaewon dan Komite Penanggulangan Warga Bencana Itaewon mengadakan konferensi pers di depan Kantor Pusat Investigasi Khusus Kecelakaan Itaewon di Gedung Investigasi Mapo Badan Kepolisian Metropolitan Seoul. Dok: OhMyNews Korea)


ITAEWON ㅡ Telah diadakan audiensi 'Dengar Pendapat Publik ke-2 tentang Investigasi Urusan Negara atas Bencana Itaewon' pada (12/01/2023) di Majelis Nasional Yeouido, Korea Selatan. Audiensi dilakukan untuk membicarakan kembali permasalahan yang ada antara keluarga korban bencana Itaewon, pemerintah, dan Pihak Kepolisian. Bencana Itaewon yang telah berlangsung saat Malam Perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan, pada Sabtu (29/10/2022) malam memakan korban sebanyak 159 orang. 

Dilansir dalam pemberitaan OhMyNews Korea, tiga hari sebelum bencana Itaewon, sebuah laporan dibuat oleh Sersan A, seorang petugas intelijen yang mengkhawatirkan bahaya bagi massa, di Divisi Informasi Kantor Polisi Yongsan di Seoul. Sersan A telah bekerja sebagai petugas intelijen di 'Festival Desa Global Itaewon 2022' yang diadakan dua minggu sebelum bencana Itaewon. Ia menulis laporan tentang 'Analisis Risiko Keamanan Publik Festival Halloween Itaewon', yang merupakan laporan yang menyatakan bahwa kerumunan besar bisa berbahaya di sekitaran tempat Halloween dan diperlukan tanggapan polisi segera. Namun laporan itu diabaikan. 

Menurut Kantor Kejaksaan Distrik Barat Seoul, yang dirilis oleh kantor anggota parlemen Partai Demokrat Korea Kim Nam-guk, Kim Jin-ho mantan petugas intelijen di Kantor Polisi Yongsan yang dilaporkan oleh Sersan A, mengabaikan laporan tersebut dengan mengatakan, "Kita harus menanggapi rapat umum dengan sekuat tenaga. Apa yang harus dilakukan ketika petugas intelijen pergi ke festival?"

Lee Im-jae, Mantan Kepala Kantor Polisi Yongsan yang hadir sebagai saksi di Komite Administrasi Umum dan Keamanan Majelis Nasional menyangkalnya dan mengatakan bahwa,

"Kami meminta Kepolisian Metropolitan Seoul untuk memobilisasi penjaga keamanan, tetapi kebaktian diadakan pada hari yang sama. Saya mendengar bahwa ini sulit untuk diterapkan karena ada banyak protes.

Namun, Komisaris Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, Kim Gwang-ho membantah bahwa tidak ada permintaan resmi dan menyangkal tanggung jawab Badan Kepolisian Metropolitan Seoul. Saat ini, Polsek Yongsan sedang membuka data terkait seperti permintaan pengerahan polisi anti huru-hara dan tenaga melalui jaringan komputer internal, dengan alasan sedang diperiksa dan diselidiki.


Keluarga Korban Bencana Hanya Menginginkan Kebenaran, Bukan Uang Kompensasi



(Cho Gyeong-seon, anggota keluarga korban bencana Itaewon, menangis saat bersaksi pada audiensi publik kedua tentang investigasi urusan negara atas bencana Itaewon yang diadakan di Majelis Nasional di Yeouido, Seoul, pada tanggal 12. Dok: OhMyNews Korea)



Pemerintah Korea Selatan memberikan bantuan berupa uang kompensasi lewat media. Akan tetapi, keluarga yang berduka tidak menginginkan kompensasi atas kerusakan tersebut. Salah satu kelurga dari korban bencana Itaewon, Cho Gyeong-seon mengatakan,

“Saya tidak mengerti sikap pemerintah ketika melaporkan bahwa mereka segera membayar kompensasi kepada media, sementara itu meninggalkan pencarian kebenaran, permintaan maaf, dan tanggung jawab yang tepat. Untuk memecahkan masalah sosial, untuk memperbaiki kesejahteraan warga dan tatanan sosial, politisi yang berteriak bahwa mereka akan berdiri di sana, bahwa mereka percaya diri, dan bahwa mereka akan memilih satu suara, saya tidak tahu mengapa mereka. memimpin dan melakukan kerusakan sekunder ini alih-alih menyelesaikan situasi.”

Menurutnya, ketika bencana atau kecelakaan besar terjadi, identitas orang hilang atau orang yang meninggal segera diketahui dan diberitahukan kepada keluarga yang ditinggalkan. Namun dalam kasus bencana Itaewon ini, tidak ada tindakan yang diambil, sehingga keluarga yang berduka hanya bisa mencari sendiri korban untuk memastikannya.

“Polisi Korea ada untuk melindungi rakyat, bukan untuk membelakangi mereka. Dalam waktu singkat saya mengejar, saya benar-benar muak dan lelah dengan penanganan administratif, investigasi yang buruk, dan pengabaian investigasi oleh polisi Korea. Saya masih tidak tahu keberadaan kakak saya, dan tidak ada yang menyelidiki kakak saya sampai hari ini. Saya benar-benar muak dengan polisi Korea.” tutur Cho Gyeong-seon, anggota keluarga korban bencana Itaewon.

Saat ini investigasi yang tulus diperlukan untuk menyelesaikan keraguan keluarga yang berduka. Salah satu anggota keluarga korban bencana Itaewon, Lee Jung-min, mengatakan bahwa hanya membutuhkan Badan Investigasi Independen yang tidak memandang pemerintah atau atasan. 

“Sebuah badan investigasi di mana keluarga yang berduka dapat berpartisipasi dan mengungkapkan pendapat mereka sangat penting. Agar keluarga kita yang berduka dapat kembali ke kehidupan sehari-hari sebagai warga negara, dan agar keluarga yang berduka mengingat dan memperingati para korban tanpa dendam, perlu untuk menyelidiki kebenaran melalui penyelidikan independen. Baru setelah itu keluarga yang ditinggalkan dapat menjadi anggota keluarga yang terhormat bagi para korban,” kata Lee Jung-min, wakil perwakilan dari Asosiasi Keluarga Korban Bencana Itaewon, di Majelis Nasional di Yeouido, Seoul, pada tanggal 12.


 

Reporter: Dea Shafa Gianina

Redaktur: Natasha Sheba Fatihah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar