Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 28 Januari 2023

Gangguan Sistem Notam, Ribuan Penerbangan di AS Batal



JAKARTA - Badan Administrasi Penerbangan Federal AS atau Federal Aviation Administration (FAA) menghentikan ribuan penerbangan
setelah masalah pada sistem Notice to Air Missions (Notam).

Kamis (12/1/2023) lebih dari 2.800 penerbangan di AS dibatalkan dan 9.700 penerbangan ditunda akibat kerusakan pada file database sistem pada hari Rabu waktu AS. Dalam pernyataan resminya FAA telah melacak pemadaman ke file database yang rusak. Pihak juga menyebutkan tidak ada bukti atau indikasi terjadinya serangan siber.

Adapun saat ini operasi lalu lintas udara telah berjalan dan dilanjutkan secara bertahap di seluruh AS. Selain itu, pihak FAA juga telah mencabut ground stop yang sebelumnya diberlakukan.

FAA menjelaskan masalah pada sistem Notam mulai terjadi pada Selasa malam waktu AS. Sistem tersebut disebutkan berhenti menerima informasi terbaru yang membuat FAA berpindah menggunakan sistem komunikasi jaringan tetap (landline).

Sementara itu, Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre melalui akun Twitternya mencuit Presiden AS Joe Biden telah mengarahkan Departemen Transportasi untuk melakukan penyelidikan penuh terkait masalah ini.

Reporter : Afrizal Muhaimin

Redaktur : Dimas Aria Warman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar