Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Jumat, 06 Januari 2023

Bukan Karena Bau dari Sampah yang Menumpuk, Ternyata Pasar Kemiri Muka Memang Sudah Sepi Pembeli

(Keadaan Pasar Kemiri Muka Depok pada 06/01/2023. Foto: Dea Shafa Gianina)


DEPOK – Kenaikan harga bahan pangan setelah tahun baru 2023, membuat Pasar Kemiri Muka, Depok, Jawa Barat, semakin sepi pembeli. Hal ini terlihat pada Jumat (06/01) masih banyak ruko pasar yang tutup dan beberapa pedagang mengeluh karena omset berjualan setiap harinya sangat menurun.

Ika, salah satu pedagang menjelaskan bahwa Pasar Kemiri Muka memang sudah mengalami sepi pembeli sejak beberapa tahun terakhir.

“Iya emang udah nggak seramai dulu lagi, omset juga jadi nurun banget. Tapi pasar sepi bukan karena permasalahan bau dari sampah yang menumpuk kemarin ya. Kalau emang dari permasalahan bau sampah mah, pasar udah sepi dari lama banget itu,” kata Ika.

Memang pada 26 Desember kemarin, lokasi pembuangan sampah Pasar Kemiri Muka terlihat tumpukan sampah setinggi hampir 5 meter. Ika mengatakan, tumpukan sampah sudah terlihat sejak pertengahan Agustus 2021, dan hal ini bukan pemicu yang membuat pasar sepi.

Salah satu pembeli juga mengatakan bahwa bau sampah bukan termasuk alasan tidak membeli di Pasar Kemiri Muka.

“Nggak, Pasar Kemiri mah udah sering bau nggak sedap karena sampah ya. Mungkin karena harga di Pasar Kemiri ini udah kaya harga-harga di pasar lain. Orang-orang kan ngejar beli di sini karena memang harganya lebih murah, jadi kalo sama aja harganya mah mending beli di pasar terdekat,” kata Hera, salah satu pembeli.

Pasar Kemiri Muka Depok memang termasuk salah satu pasar yang menjual bahan-bahan pangan lebih murah dari pada pasar-pasar lainnya. Akan tetapi, karena harga bahan pangan sedang naik setelah tahun baru, membuat para pedagang dari Pasar Kemiri Muka mau tidak mau harus menaikkan harga.



Reporter: Dea Shafa Gianina

Redaktur: Natasha Sheba Fatihah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar