Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 08 Januari 2023

Fogging Bukan Pilihan Utama Pemberantasan Nyamuk Penyebab DBD

Sumber : cnnindonesia.com


JAKARTA - Sebagai bentuk kepedulian terhadap munculnya penyakit DBD, Dinas Kesehatan mengkoordinasikan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Fogging dalam Program Pengendalian Penyakit DBD. Kegiatan ditujukan untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan fogging (SOP/SPO) yang benar dan prosedural.

Fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk terutama pembawa (vektor) Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Namun faktanya tindakan ini hanya membunuh nyamuk dewasa, bukan jentik, telur atau jentik nyamuk, kemudian telur, jentik atau jentik tersebut akan berkembang menjadi nyamuk dewasa.

“Fogging memang dapat dilakukan untuk pengendalian penularan DBD, namun harus dibarengi dengan tindakan lain karena tindakan ini hanya efektif pada nyamuk dewasa”, jelas dr. Endang Sri Rahayu, Kepala Seksi Pengendalian dan Imunisasi Penyakit Menular.

Selaku Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan Pengendalian Imunisasi, dr. Endang melakukan upaya strategis untuk mengatasi dampak tindakan pengendalian DBD dengan cara fogging atau pengasapan, mengingat tindakan tersebut tetap dilakukan terutama pada saat ditemukan kasus DBD dan berdasarkan rekomendasi dari hasil investigasi epidemiologi (PE).


Reporter : Tri Anbasari

Redaktur : Umi Ayu Tri Laksini Fatimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar