Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 14 Januari 2023

Presiden Korea Selatan Kunjungi UEA untuk Promosi dan Ekspor Penjualan Senjata

 

(Dokumentasi: KBS News)


SEOUL - Presiden Yoon Suk Yeol berangkat ke Uni Emirat Arab pada Jumat (14/01/2023) sebagai bagian dari kunjungan dua negara yang bertujuan untuk mempromosikan ekspor Korea Selatan, terutama di bidang senjata dan energi.

Dilansir dari KBS News, Yoon akan tiba di Abu Dhabi dalam kunjungan kenegaraan yang pertama oleh seorang pemimpin Korea Selatan sejak kedua negara menjalin hubungan diplomatik pada 1980, dan bertemu dengan Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Presiden UEA. Selama tinggal empat hari, dia juga akan mengunjungi unit Akh, sebuah militer Korea Selatan yang ditempatkan untuk memfasilitasi kerja sama pertahanan.

Dia juga akan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Barakah yang dibangun oleh Korea Selatan, untuk menegaskan kembali komitmennya untuk membatalkan kebijakan penghapusan nuklir oleh pendahulunya, Moon Jae-in.

Dikutip melalui KBS News, Penasihat Keamanan Nasional, Kim Sung-han, menjelaskan kepada wartawan bahwa keputusan Yoon untuk mengunjungi UEA sebagai perjalanan luar negeri pertamanya tahun ini dan kunjungan pertamanya ke sebuah negara di Timur Tengah mencerminkan komitmennya untuk memfokuskan upaya diplomatik bangsa dalam menghidupkan ekonomi dan meningkatkan ekspor.

Menurut kalangan bisnis, sekitar 30 kontrak pendahuluan sedang dikerjakan di sektor publik dan swasta, khususnya di bidang-bidang utama seperti energi, pertahanan, dan investasi.

Presiden Korea Selatan menjadi perwakilan pemimpin perusahaann dari sekitar 100 perusahaan terkemuka, seperti Ketua Samsung Electronics, Lee Jae-yong, dan Ketua Hyundai Motor, Chung Eui-sun. Yoon berupaya mendukung ekspansi mereka ke UEA dan untuk memfasilitasi kemungkinan kerja sama dengan dana kekayaan negara UEA. Presiden akan bertemu dengan para CEO perusahaan global besar dan membahas cara-cara bagi pemerintah dan sektor swasta untuk bekerja sama mengatasi krisis global yang kompleks dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Yoon akan mengunjungi Institut Teknologi Federal Swiss di Zurich pada hari yang sama untuk bertemu dengan para sarjana dan membahas kerja sama dalam sains dan teknologi.

 

Reporter: Yunita Srimenda Karo

Redaktur: Natasha Sheba Fatihah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar