Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 15 Januari 2023

Politisi Australia Pernah Pakai Seragam Nazi Saat Pesta Ulang Tahunnya

 


BBC News, Sydney - Politisi sekaligus Perdana Menteri New South Wales (NSW), Dominic Perrottet (40), mengaku pernah mengenakan seragam Nazi pada pesta ulang tahunnya yang ke-21. Ia mengungkapkan insiden itu pada hari Kamis (12/01), dua hari setelah seorang rekan mengangkat hal itu secara pribadi. Dia mengatakan itu adalah kesalahan besar yang dilakukan ketika ia masih muda dan naif.

Pemimpin koalisi konservatif negara bagian, Dominic Perrottet akan menghadapi pemilihan dalam dua bulan kedepan.

"Saya sangat malu dengan apa yang saya lakukan," katanya kepada wartawan pada konferensi pers yang emosional, dikutip dari BBC News Sydney, pada Kamis (12/01/2023).

Dominic Perrottet juga meminta maaf atas apa yang ia pernah lakukan telah menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Saya benar-benar minta maaf atas luka dan rasa sakit yang akan ditimbulkan... terutama bagi anggota komunitas Yahudi, penyintas Holocaust, veteran dan keluarga mereka," tambahnya.

Insiden itu terjadi pada tahun 2003, dua tahun sebelum Pangeran Harry difoto mengenakan seragam Nazi dengan ban lengan Swastika.

Perrottet mengatakan dia tidak tahu foto dirinya yang mengenakan kostum itu ada, dan menyangkal pengakuan yang dibuatnya untuk mendahului penyebaran foto semacam itu.

Dia mengatakan telah menghubungi para pemimpin Yahudi di NSW untuk meminta maaf secara pribadi. Dewan Deputi Yahudi NSW mengatakan Perrottet memiliki "penyesalan yang mendalam dan tulus" atas tindakannya hampir 20 tahun yang lalu.

"Insiden ini, tidak peduli berapa pun usianya, adalah pengingat akan kebutuhan untuk terus mendidik semua warga Australia - dan khususnya kaum muda kita - tentang sifat menjijikkan dari rezim Nazi," kata presiden David Ossip dan kepala eksekutif Darren Bark.

Perrottet menjadi perdana menteri negara bagian terpadat di Australia pada 2021, ketika pendahulunya mengundurkan diri setelah terlibat dalam penyelidikan kasus korupsi.

Dia menghadapi persaingan yang sulit untuk memenangkan pemilihan negara bagian pada bulan Maret nanti. Koalisi Liberal-Nasional telah berkuasa selama 12 tahun, tetapi banyak rekan senior yang pensiun dan koalisi tersebut dikritik karena gagal mempromosikan lebih banyak perempuan.


Reporter : Muhammad Dava

Redaktur : Brilliant Haikal Borne Juliansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar