Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 21 Juli 2019

OLAHRAGA SAMBIL BERWISATA DIKOTA BOGOR

Taman Sempur, Bogor, Jawa Barat. (Doc : Ade Aprilia Maesti).

Tak jauh dari Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor Tepatnya di Jalan Sempur ,Kecamatan Sempur, Bogor terdapat salah satu fasilitas olahraga yang menarik perhatian dengan berbagai wahana bermainnya.  Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki tujuan tertentu seperti halnya melatih tubuh untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Tak sekadar sebagai aktivitas biasa bahkan sekarang olahraga telah dijadikan sebagai gaya hidup, hobi, hingga profesi. 

Jika berkunjung ke Bogor menggunakan commuter line, cukup naik satu angkot, yaitu 03 tujuan sempur. Turunlah di sisi istana setelah jembatan Kebun Raya Bogor saat  melihat lapangan besar panjat tebing di sisinya. Dari atas jalan, akan melihat berbagai tempat yang ada di kawasan ini.

Di tengah makin sempitnya lahan akibat pembangunan di kota Bogor masih ada beberapa ruang terbuka hijau tersisa salah satunya itu Lapangan Sempur. Lapangan Sempur memiliki track sepanjang 323,1 meter dengan luas permukaan 847 Meter persegi. Ada dua lapisan yang dipasang pada jogging track di antaranya lapisan warna hitam atau Strainer Butadiene Rubber (SBR) dan lapisan warna Ethylene Prophylene Diene konomer (EPDM). 

"Sebelumnya hanya Kerikil dan tanah merah, jika hujan basah dan mengenangi membuat sepatu kotor dan licin saat jogging track tapi setelah Lapangan Sempur sudah dilakukan revitalisasi kini Lapangan Sempur menggunakan karet sintesis sehingga mengurangi cedera saat berlari jatuh, juga mengurangi genangan air ketika permukaan basah akibat hujan" ujar Dinda salah satu Pengujung Lapangan sempur.

Tak hanya Jogging Track di Lapangan Sempur pun ada yang namanya Wahana untuk bermain anak-anak.  Wahananya pun cukup ramai di siang hari saat jam pulang Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar (SD). Dan tak jarang Wahana ini dijadikan tempat berfoto oleh remaja-remaja bangunannya cukup unik dan berlantai belakang Sungai Ciliwung yang bersih. Terkadang sungai Ciliwung pun menjadi tempat beristirahat saat setelah melakukan jogging track di Lapangan Sempur.

Bukan hanya tentang jogging track dan wahana anak-anak, di Lapangan Sempur pun terdapat area bermain skateboard dengan luas sekitar sekitar 100 meter dan terdapat rintangan wahana yang disebut Skatepark-nya Bogor. 

"Di Lapangan Sempur juga di juga terdapat lapangan basket, Biasanya kalau main basket di sini sih bebas kapan saja biasanya sparing (tanding) juga kalau lagi ada yang main aja, kalau panjat tebing ada komunitasnya tiap akhir pekan sore sama seperti hal nya komunitas skateboard komunitas ini biasanya melakukan permainannya setiap hari" ujar Fahri salah satu Pemain Basket dekat Lapangan Sempur. 

Menurut Fahri,  Selain itu yang tak kalah seru, di sisi Timur kawasan Sempur terdapat taman tematik yaitu Taman Ekspresi. Taman yang dibangun Pemerintah Bogor sejak kurang lebih 2016 ini diperuntukkan bagi komunitas komunitas seni menampilkan kebolehannya.

"Lepas berkeringat dan merasakan sejuknya Bogor kita bisa mengunjungi gerai makanan yang ada di dekat Lapangan basket ada kuliner seperti sate taichan, bakso,mie ayam dan sebagainya yang bisa disantap di sana" ujar fahri.





Reporter : Ade Aprilia Maesti
Editor     : Ghea Pattia
 





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar