Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 14 Juli 2019


KEBUN RAYA BOGOR TAK HANYA MENJADI TEMPAT WISATA, MELAINKAN TEMPAT EDUKASI ANAK

Halaman depan pintu 1 Kebun Raya Bogor (Doc: Salsabila)

Bogor- Berwisata ke Kebun Raya Bogor (KRB) yang terletak di Jl Ir Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Merupakan alternatif untuk mengisi liburan akhir sekolah yang akan datang pada esok hari. Tak hanya berlibur, di Kebun Raya Bogor juga menjadi tempat edukasi belajar bagi anak-anak, dimana terdapat Museum Zoologi yang menampilkan berbagai jenis binatang yang diawetkan. 

Kebun Raya Bogor yang didirikan pada tanggal 18 Mei 1817 ini memiliki berbagai macam jenis tumbuhan yang hidup di sekitar lingkungan KRB tak hanya itu terdapat pula berbagai jenis hewan yang diawetkan di dalam Museum Zoologi. Di museum tersebut pengunjung dapat belajar mengenai berbagai jenis hewan mulai dari mamalia hingga serangga. 

Salah satu pengunjung yang membawa tiga anak nya mengatakan dengan berkunjung ke Kebun Raya Bogor tidak hanya menikmati suasa KRB yang sejuk dan nyaman, namun mendapatkan wawasan untuk ke-2 anaknya. “Anak-anak saya seneng banget bisa ngeliat kerangka hewan di museum jadi tahu apa aja isi bagian tubuhnya, terus jenis-jenis hewan yang belum tahu jadi tahu,” ujar Ida Rosida yang beralamat di Taman Yasmin Bogor.

Anak-anak yang sedang berfoto didepan kerangka hewan yang ada di Museum Zoologi (Doc: Salsabila)

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 15.000 pengunjung dapat menikmati Kebun Raya Bogor dan masuk ke Museum Zoologi. Museum Zoologi menjadi tempat belajar yang memberikan informasi dan edukasi  mengenai kerangka hewan dan jenis fauna yang dipamerkan di sini. Mulai dari mamalia, burung, reptil hingga amfibi dan ikan bisa ditemukan di sini. Selain itu para pengunjung bisa melihat pula moluska, krustasea, serangga serta hewan artropoda lainnya yang disajikan secara lengkap.

Kerangka Ikan Paus Biru (Doc: Salsabila)
Salah satu ikon favorit di museum ini adalah sebuah tulang belulang utuh dari makhluk terbesar di dunia, yaitu paus biru. Para pengunjung bisa melihat bentuk tulang dan juga kerangka dari paus biru yang dipamerkan di sini. Tulang-tulang dan kerangka paus biru ini bahkan membutuhkan ruangan tersendiri agar bisa menampung semua tulang dan kerangka yang membentuk tubuh paus biru ini. Di museum Zoologi ini lah tempat yang pas untuk anak-anak belajar mengenai fauna yang berkembang di Indonesia maupun di Dunia.

Penulis: Salsabila
Editor: Adlina Zakirah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar