Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Senin, 22 Juli 2019



MENGHASILKAN UANG MELALUI BANK SAMPAH

 Tempat bank sampah rt 005/05 (foto by: Adlina)

Bank sampah di Jalan Haji Sainin RT 005 RW 04, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sangat bermanfaat karena bisa menghasilkan uang.

Bank sampah yang disediakan oleh  RT 005 ini sudah berjalan kurang lebih sudah 5 bulan. Untuk menyimpan sampah-sampah didirikan tempat sebuah bangunan kecil berbentuk kotak persegi panjang. Tempat ini untuk memilah sampah dan dijadikan pusat penimbangan.

“Awalnya banyak yang tidak setuju, karena takut jadi lingkungannya kotor karena menyimpan banyak sampah. Tapi saya buktikan bahwa bank sampah ini bisa menguntungkan warga dan lingkungan tidak akan kotor”, ujar Aris selaku Ketua Rt 005.

Tempat penyimpanan bank sampah (foto by: Adlina)

Warga sekitar mengumpulkan sampahnya masing-masing berbentuk botol plastik, kardus, dan kertas. Biasanya sampah-sampah tersebut ditimbang setiap hari kamis 2 minggu sekali.  “Hasil uang yang dihasilkan untuk dimasukkan kedalam kas RT, jadi jika ada orang meninggal, orang sakit, merayakan 17 agustus atau keperluan untuk warga sekitar,  uang hasil dari bank sampah ini bisa kita gunakan.  Warga sekitar sekarang tidak harus membayar iuran lagi untuk membayar uang kas,” ujar Aris.

Jika sudah terkumpul sampah-sampah tersebut akan ditimbang oleh tim yang dibentuk oleh kelurahan. Setelah itu tim akan mengangkut sampah-sampah yang sudah ditimbang dan dibawa ke pengepul. Bank Sampah ini bisa mengajarkan warga agar lebih peduli lagi oleh lingkungan.




Penulis : Adlina Zakirah
Editor: Adlina zakirah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar