Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 14 Juli 2019

PRESTASI NIA FARADISKA SISWI SMK YANG MENANG DALAM KOMPETISI FASHION ASIA SAKURA COLLECTION DI JEPANG

Jakarta - Nia Faradiska  lahir di Kudus Jawa Tengah pada tangal 24 Maret 2001. Saat ini Nia baru duduk di bangku SMK design yang berada di daerah Kudus Jawa Tengah. di usianya yang masih muda, namun sudah banyak prestasi yang sudah di raih  dengan karya baju hasil rancangannya sendiri. Banyak baju yang sudah di rancang selama dia bersekolah di SMK NU BANAT di Kudus Jawa Tengah.

Keinginannya  sebagai seorang designer  muncul ketika ada acara sosialisasi dari  SMK Banat  dan Nia merasa tertarik dengan proses pembelajarannya  terutama pada fashion design. Banyak pelajaran yang di dapatkan selama belajar di SMK Banat. Di sekolah itulah dia mulai mendalami bidang fashion dari segi  fashion textile design, fabric manipulation, dan lainnya.  Dan saat itulah Nia mulai serius mendalaminya. Proses pembelajaran itu di lakukan bersama para desainer Indonesia lainnya seperti Ali Charisma, Sofie, Lisa Fitria dan Tuty Adib.

Nia sangat tekun saat melakukan pembalajaran design selama di SMK Banat.  Sejak saat itulah Nia tertarik untuk mengikuti berbagai event yang berkaitan dengan fashion. Salah satunya adalah mengikuti kompetisi  Fashion Sakura Collection di Jepang. Nia mengaku sudah dua kali mencoba untuk megikuti kompetisi tersebut. Pada tahun sebelumnya dia juga berhasil untuk mengikuti ajang tersebut namun sayang dia belum bisa mengambil gelar juara pada tahun sebelumnya namun pada tahun  2018 dia mengikuti lagi ajang tersebut  dan berhasil menjadi seorang juara pertama dalam ajang event ini.

"Saya ikut lomba ini sih karena iseng aja. Karenakan saya ada jadwal final competation yang lain juga jadi saya cuma pengen coba aja ikur Sakura Collection. Tapi Alhamdulilah saya bisa juara di kompetisi ini," ujarnya.

Berdasarkan lebih dari 300 peserta yang berasal  dari 20 sekolah fashion yang mengikuti kompetisi ini, namun SMK Banatlah yang mampu juara berkat Nia Faradiska. Sebagai juara pertama, selain mendapatkan hadiah uang tunai, trofi, dan sertifikat. Nia juga memperoleh kesempatan melakukan perjalanan ke Jepang untuk magang di Bunka Fashion College (Bunka Gakuen) yang merupakan sekolah fashion terbaik ke-6 sedunia.

"Dengan diberi kesempatan mewakili Indonesia di Jepang untuk berpartisipasi pada acara Asia Sakura Collection 2018 dan Intership di Bunka Fashion College, saya mendapat banyak pengalaman untuk lebih mendalami bidang fashion. Saya berharap dapat lebih mengembangkan keahlian dan pengetahuan yang kemudian dapat diaplikasikan di SMK NU Banat," papar wanita berkerudung. 

Hasil rancangan baju yang di tampilkan oleh Nia saat kompitisi ini adalah bertema KOINOBORI yang terinspirasi dari salah satu adat dan kebudayaan di Jepang yaitu Festival Perayaan anak laki-laki di Jepang,  dengan pengaplikasian ikan koi sebagai icons pada emboidery dan fabric manipulation pada busana "Koinobori" ini.  Pada saat lomba Sakura Collection di tahun sebelumnya Nia mengambil tema Japang Spring Gown tema tersebut terinspirasi dari Spring Summernya bunga sakura. 

Perasaan Nia Faradiska sangat senang saat menjuarai Kompetisi ini. Nia  mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada orang-orang yang sudah mendukung  Nia untuk tetap bisa maju di dalam kompetisi ini. Dan menurutnya peserta yang sudah mengikuti event ini adalah orang yang keren dan hebat, niapun mengatakan bahwa dari sinilah dia merasa termotivasi untuk menunjukan bahwa anak SMK bisa berpotensi dengan baik di dalam Nasional ataupun Go Internasional seperti ini. 

Harapan Nia semoga anak-anak Indonesia bisa mengharumkan nama Bangsa di kancah Internasional dengan apapun karya yang akan di tunjukan. Nia memiliki mimpi, Nia ingin menjadi seorang Designer busana Modest Wear yang mana dapat di pakai baik oleh Muslim maupun no Muslim serta menjadikan Indonesia sebagai kiblat busana Modest Wear dengan cooperation antar perusahaan fashion dunia.

Reporter : Firda Susilawati
Editor : Rosula Feranda Garus
Nia saat mengikuti kompetisi (doc.instagram) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar