Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 20 Juni 2020

Vietnam Menjadi Negara Yang Sangat Cepat Merespon Covid-19





Vietnam adalah segelintir negara yang mampu mengendalikan penyebaran wabah virus covid-19. Ketika dunia masih terseok-seok memilih antara menjaga ekonomi atau menjaga peningkatan kasus. Vietnam hanya mencatat 288 kasus dan nol kematian, menjadikan negara Asia Tenggara sebagai negara yang cepat meresponn wabah. Tampak terdengar mudah bagaimana Vietnam bisa menanggulangi wabah dengan sumber daya terbatas dibanding dengan negara maju dengan sistem kesehatan paling mutakhir.

Dikutip oleh Tempo,” Reuters melaporkan bagaimana respons sigap Vietnam mengendalikan virus. Pemerintah dilaporkan langsung mengontak pengusaha industri untuk bekerja sama dengan swasta membuat alat kesehatan seperti ventilator dan masker. 

Sementara laboratorium uji virus corona juga ditambah yang awalnya dari tiga pada Januari menjadi 112 pada April.”

Selain itu para ahli yang berada di Vietnam juga merasa sangat terbantu, karena kombinasi kepemimpinan, ekonomi pasar terbuka dan populasi dapat bekerja sama dengan baik. Dan setelah semuanya terkendali, Vietnam mulai membuka diri.

Untuk saat ini, pemulihan difokuskan pada pariwisata domestik. Kementerian Perhubungan mulai meningkatkan penerbangan domestik dan kereta api ke tujuan-tujuan utama dengan kapasitas penumpang yang terbatas.

Upaya Vietnam mengendalikan virus corona berpangku pada prinsip yang sama, yakni ilmu pengentahuan, respons cepat, dan kepemimpinan yang baik. Meski demikian, negara-negara yang berhasil mengendalikan virus corona masih berupaya untuk memulihkan ekonomi mereka yang rusak akibat pandemi ini.


Reporter : Rafi Ardiansyah
Redaktur : Aditya Firman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar