Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 20 Juni 2020

Demi Keselamatan, Malaysia Putuskan Tidak Kirim Jemaah Haji Tahun Ini


Demi Keselamatan, Malaysia Putuskan Tidak Kirim Jemaah Haji Tahun Ini
 
Illustrasi suasana sekitar Ka'bah, Mekkah, Saudi Arabia (foto: Google/kabah-mekkah)


MALAYSIA – Pemerintah Malaysia memutuskan tidak memberangkatkan warga negaranya untuk melaksanakan ibadah haji (1441 H/2020 M). Keputusan ini diambil berdasarkan beberapa pertimbang, salah satunya karena wabah Covid-19 masih melanda dunia, termasuk di Arab Saudi.

Melansir Reuters pada tanggal 11 Juni 2020, Menteri Agama Islam Malaysia Zulkifli Mohamad Al-Bakri mengatakan, pemerintah Malaysia memutuskan untuk melarang warga negaranya melakukan haji tahun ini karena risiko tertular Covid-19, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus, dan belum ditemukannya vaksin virus tersebut (Covid-19).

"Berdasarkan rapat dengan Kementerian Kesehatan Malaysia, Lembaga Tabung Haji, dan Rapat Komisi Khusus Muzakarah Dewan Nasional Agama Islam pada 9 Juni, pelaksanaan haji musim 1441 H ditangguhkan. Ini adalah keputusan yang sulit, karena kita tahu pentingnya pelaksanaan haji untuk Muslim," ujar Zulkifli Menteri Agama Islam Malaysia.

Kemudian, Ketua Pegawai Eksekutif Tabungan Haji Malaysia, Datuk Nik Mohd Hasyudeen Yusoff mengatakan, alasan pemerintah Malaysia menangguhkan keberangkatan jamaah haji tersebut, lantaran memepertimbangkan keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan rakyat Malaysia. Sebelumya, sebanyak 31.600 jamaah haji asal Malaysia yang ditangguhkan keberangkatannya. Oleh karena itu, dalam waktu dekat Lembaga Tabungan Haji Malaysia akan mengembalikan semua biaya haji yang telah dibayarkan kedalam akun Tabungan Haji calon jamaah haji.

“Sehubungan dengan penangguhan ini, semua calon haji yang giliran haji diperuntukkan pada musim haji tahun 2020 akan diberi keutamaan untuk menunaikan fardu haji pada tahun 2021. Bagi calon haji yang gilirannya adalah pada tahun 2021, mereka akan turut diberi peluang tertakluk kepada kekosongan  kuota tahun semasa,” ujarnya dalam siaran pers Lembaga Tabungan Haji Malaysia, Kamis (11/6).

Lembaga Tabungan Haji Malaysia juga meminta kepada semua calon jamaah haji Malaysia untuk bersabar, serta menerima keputusan ini dengan iklas dan terus berdoa agar keadaan kembali pulih, sehingga pada tahun depan dapat berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji yang tertunda.

 Reporter : Marlita Nursanti
Redaktur : Fiolita Dwina A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar