Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 14 Juni 2020

Pentingnya Kesigapan RT/RW dalam Menjaga Warganya Memerangi Covid-19


Pentingnya Kesigapan RT/RW dalam Menjaga Warganya Memerangi Covid-19


                  Himbauan mengenai covid-19 dilingkungan Rt 03 Kemang Barat III (13/06)


JAKARTA – Angka positif penderita Covid-19 telah mencapai 37.240 (13/6/20), namun persiapan new normal terus dilanjutkan. Kesigapan pada tingkat Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tangga (RT) perlu ditingkatkan.

Sudah lima hari belakangan angka positif Covid-19  rata-rata menyentuh angka 1000 perharinya, sementara pemerintah pusat  tetap gencar menyiapkan fase New Normal.  Maka RT/RW perlu lebih extra berhati-hati  dalam menjaga warganya, karna perlahan aktifitas akan kembali  normal.

Seperti yang diwartakan oleh KOMINFO,  bahwasanya pengendalian informasi oleh Kepala Desa, Ketua RW hingga RT, dapat menjadi kunci utama dalam rangka memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di tengah masyarakat.

“Ya, memang ada instruksi yang ketat dari atasan (Kecamatan dan Kelurahan) untuk sigap. Apalagi sekarang sudah menuju New Normal, jadi saya pribadi juga berinisiatif untuk lebih ketat. Karna saya gak mau warga saya ada yang kena”, ujar Syahbudin, Ketua RT 03, Kemang Barat III, Jakata Selatan (13/6/20).

Selain itu, Syahbudin juga berinisiatif untuk rutin menyemprotkan disenfektan setiap 2 minggu untuk mencegah penyebaran Covid-19 dilingkungannya, memberlakukan jam malam dan yang paling penting beliau ketat dalam menanyakan  jika  ada pendatang yang berasal dari domisili lain untuk membawa surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas Covid-19.

Fase New Normal, akan terapkan dalam waktu dekat. Ini artinya kehidupan normal akan kembali berjalan. Disinilah kesigapan RT/RW perlu ditingkatkan. Misalnya, dalam memantau warga yang sakit dan rentan terhadap penyakit. Karna semua  warga berpotensi menjadi carrier,atau bisa jadi mereka terpapar Covid-19. 

 

Reporter : Munzi Aulia Rahmah

Redaktur : Handika Maulana Iqbal 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar