Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 20 Juni 2020

Vietnam Berhasil Menjaga Angka Kematian

Vietnam Berhasil Menjaga Angka Kematian Covid-19 Tetap Nol, Begini Caranya...



Saat negara-negara lain terus mencatatkan kasus kematian akibat Covid-19, Vietnam masih bertahan dengan 0 (nol) kasus kematian akibat pandemi virus corona sejauh ini. Jumlah kasus yang terkonfirmasi di negara itu pun relatif rendah, yakni hanya ada di angka 328 kasus dan 279 di antaranya sudah dinyatakan sembuh, berdasarkan data dariWorldometer, Minggu (31/5/2020). Padahal, secara geografis, wilayah negara ini berbatasan langsung dengan daratan China di bagian utara. Selain itu, negara berpenduduk 98 juta jiwa ini juga setiap tahunnya menerima jutaan pengunjung dari China. Vietnam juga tercatat sebagai salah satu negara dengan penghasilan rendah dan memiliki sistem kesehatan yang tidak begitu baik dibandingkan negara di wilayah ASEAN misalnya.


Bertindak cepat melakukan isolasi Melansir dari CNN, Sabtu (30/5/2020), Vietnam sempat melakukan penguncian secara nasional selama tiga minggu. Setelah itu, aturan social distancing ditarik pada akhir April. Tidak ditemukan satu pun kasus infeksi lokal selama 40 hari, kegiatan bisnis dan sekolah dibuka kembali, kehidupan pun perlahan kembali normal. Jumlah kasus yang tergolong rendah itu membuat banyak pihak memandang skeptis, apalagi dengan melihat kondisi negara tersebut. Baca juga: Update: Perkembangan Wabah Corona di ASEAN, Kamboja, Laos, dan Vietnam Laporkan 0 Kematian Namun, salah satu dokter penyakit menular yang bertugas di salah satu rumah sakit utama untuk Covid-19 yang dibangun oleh Pemerintah Vietnam, Guy Thwaites, menyebut data tersebut sesuai dengan apa yang ada di lapangan. "Saya pergi ke bangsal setiap hari, saya tahu kasusnya, saya tahu di sana tidak ada kematian," kata Thwaites yang juga merupakan Kepala Unit Penelitian Klinis Oxford University di Ho Chi Minh City. Dia menyebutkan, jika memang jumlahnya dipercaya lebih besar dari yang saat ini tercatat, pasti dengan mudah pasien-pasien itu ditemukan di rumah sakit-rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar