Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Jumat, 12 Juni 2020

Optimisme Warga RT 07 Pasar Minggu Dalam Melawan COVID-19


JAKARTA- Serangan Virus COVID-19 di Indoneisa belum usai, seluruh masyarakat dihimbau untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, di Jakarta sejumlah daerah telah ditetapkan sebagai Zona Merah salah satunya di wilayah Jakarta Selatan. Beberapa RT di kawasan Pasar Minggu pun berstatus Zona Merah atau daerah terpapar COVID-19 meski tidak semua daerah menjadi Zona Merah masyarakat tetap berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan seperti yang dijelaskan oleh Ketua RT 07 Pejaten Timur, Rosyid Ahmad yang menyatakan bahwa  kawasan RT 07/06 Pejaten Timur masih termasuk Zona Hijau.

“Alhamdulillah kawasan Rt 07/06 masih termasuk Zona Hijau tapi walaupun termasuk Zona Hijau kami masih menghimbau para warga agar tetap menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan”. Ujar Rosyid Ahmad ketua RT 07 Pejaten Timur, Selasa (09/06).

Sejak kabar COVID-19 melanda Indonesia, ketua RT 07 Pejaten Timur langsung membuat kebijakan untuk menutup Masjid dan menunda beberapa kegiatan yang mengundang keramaian di kawasan RT 07. Sejak adanya kebijakan itu, semua warga RT 07 selalu beribadah dan belajar dari rumah.

Namun ketika pemerintah mulai memperbolehkan untuk membuka sejumlah tempat ibadah, Ketua RT 07 pun langsung merencanakan untuk membuka semua masjid di kawasan RT 07 mulai Jumat (05/06) setelah hampir 3 bulan ditutup karena pemberlakuan PSBB dan warga bisa menjalani ibadah di Masjid dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah seperti melakukan pengecekan suhu dan penyemprotan disinfektan.

Pengurus masjid Nurul Ihsan juga menggulung semua karpet untuk ibadah dan menganjurkan warga yang ingin beribadah di Masjid untuk membawa alas shalat atau sajadah masing-masing. “Jarak antarjamaah 1 meter kita berikan tanda agar salat di situ. Ada ruang atau celah yang harus dikosongkan. Jamaah juga harus memakai masker, selain memakai masker warga juga harus membawa sajadah sendiri”. Kata Ketua Remaja Masjid Nurul Ihsan RT 07, Abdul.

Dengan rutin melakukan penyemprotan disinfektan di area masjid dan perumahan serta selalu mencuci tangan, menggunakan masker bila berpergian dan menjaga jarak Warga RT 07 pun optimis bisa melawan COVID-19.

Reporter : Anisha Aprilia
Redaktur : Annisa Sitoresmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar