Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Rabu, 23 Mei 2018

Belum Terintegrasi, Stasiun Kereta Jadi Titik Kemacetan Jakarta

Kemacetan di perlintasan rel kereta Stasiun Pasar Minggu

Jakarta – Selain Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar, salah satu penyakit akut kemacetan di Jakarta adalah Stasiun Kereta. Kemacetan di sekitar Stasiun Kereta di karenakan Banyaknya angkutan umum, baik bus kota, angkot, maupun ojek yang berhenti di depan Stasiun untuk menunggu dan rebutan penumpang, selain itu integrasi antar moda Transportasi belum optimal.

Terlihat ketika pengguna Kereta Rel listrik (KRL) keluar dari Stasiun Kereta, mereka tidak punya banyak pilihan angkutan Transportasi lain selanjutnya. Salah satu contohnya adalah jarak antara stasiun dengan halte TransJakarta jauh.

Antara Stasiun Pasar Minggu dan Pasar Minggu Baru ke Halte TransJakarta paling dekat berjarak sekitar 3 kilometer (km), yakni Halte TransJakarta Pejaten Philips membuat pengguna KRL mengeluhkannya. "Iyaa bang, sehabis dari Stasiun Pasar Minggu saya ke Halte TransJakarta, tetapi itu Jaraknya jauh sekali, sekitaran 3 kilometer bang. udah gitu depan Satsiun macet lagi," ujar Angga (20) pengguna Transportasi pada Selasa sore (22/5/2018).

Angga juga menambahkan, Stasiun Cikini yang jarak terdekat ke Halte TransJakarta (Salemba) sekitar 1,5 km. "Ada juga bang Stasiun Cikini ke Halte TransJakarta Salemba, Jarak yang tanggung untuk ditempuh itu berjalan kaki maupun naik angkutan sewa," tutur Angga.

Integrasi antar moda transportasi harus terus ditingkatkan dan berkelanjutan serta integrasi antar moda harus optimal. Salah satu upaya yang untuk mengintegrasikan antar moda transportasi, salah satunya telah diresmikan rute TransJakarta menuju stasiun Sudirman Baru (BNI City) yang melayani tujuan bandara Soekarno-Hatta.



Jurnalis  : Eka Kurniansyah Gozali

Editor    : Fajarudin Abriansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar