Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 20 Mei 2018

Terminal Pasar Minggu Tak Lagi Beroperasi untuk Angkutan Lebaran



    Minggu, 20 Mei 2018

              Kondisi Terminal Ps. Minggu sepi penumpang   (Foto : Yuni)


JAKARTA - Terminal Ps. Minggu masih menaati aturan untuktidak beroperasi untuk angkuta lebaran. Sudah satu tahun sejak 2017 lalu halini diberlakukan. Kementerian Perhubungan Darat menyatakan bahwa pencabutanoperasional terminal pasar minggu untuk angkutan lebaran dikarenakan lahan yangtidak mencukupi. Hal ini disebabkan adanya proyek pembangunan gedung pasar dariPemerintah Pusat.

Saat ini terminal pasar minggu hanya beroperasi sebagai terminal bantuan (fider). Pihak kami menyediakan Perusahaan Otobus (PO) antarkota dan antarprovinsidisini,” ujar Staff  Bagian Administrasi Terminal Ps. Minggu Adam setiawan, Minggu (20/5).

Pihak Terminal Ps.Minggu mengatakan bahwa dampak pembangunan gedung pasar cukup berpengaruh bagi operasional terminal. Adam menganggap lahan gedung seharusnya dapat dijadikan sebagai lahan parkir bagi bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP).

Terminal Ps. Minggu menyediakan pool bus antarkota dan antarprovinsi. Penumpang nantinya akan diberangkatkan dari terminal Pulogebang, Jakarta Timur. “Karena statusnya cuma terminal bantuan (fider) jadi kita cuma menyediakan pool bus aja, tempat beli tiketnya. Nanti berangkatnya sih dari terminal Pulogebang di Cakung,” jelas Adam.

Pihak pool bus mengaku cukup terbantu atas kerjasama dengan pihak terminal. Karena tidak harus membuka pool dipinggir jalan seperti sebelumnya. “kebantu lah mba, daripada kita buka dipinggir jalan sewanya lumayan. Mending disini kita aman,” ujar Sahri saat diwawancarai, Minggu (20/5).

Penurunan jumlah tiket yang terjual terjadi cukup signifikan, mengingat lokasi pembelian tiket dan terminal keberangkatan yang cukup berjauhan. Menurut Sahri selaku agen pool bus, hal ini cukup lumrah karena warga menilai hal tersebut kurang efektif bagi mereka.

Hingga saat ini Terminal Ps. Minggu masih dalam pengawasan Kementerian Perhubungan terkait operasional angkutan dalam kota. Adam mengaku pihaknya masih sering berkomukasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub), ia menambahkan Dishub sempat mengatakan terminal Ps. Minggu bisa saja kembali dioperasionalkan untuk angkutan lebaran. Namun, hal itu masih menjadi wacana, mengingat situasi di terminal yang minim lahan untuk bus AKAP. Adam berharap nantinya wacana untuk operasional angkutan lebaran bagi terminal Ps. Minggu akan segera terealisasikan.

Jurnalis    :  Yuni Roismawati Fatma

Editor     :   Nadia Ananda Putri





Tidak ada komentar:

Posting Komentar