Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Rabu, 23 Mei 2018

Perencanaan Transaksi Jak One Mobile di Pasar Minggu



Selasa, 22 Mei 2018



Jakarta- PT Bank DKI akan membuka layanan transaksi scan to pay dengan menggunakan aplikasi Jakonemobile di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Selasa (22/05/2018).

            Aplikasi jakonemobile adalah aplikasi layanan keuangan yang terdiri dari mobile banking dan mobile wallet yang dapat digunakan sebagai transaksi kebutuhan sehari-hari pada tempat yang bekerja sama dengan Bank DKI.

            Menurut Natsir selaku wakil ketua Komoditas Pedagang UKM Pasar minggu, “Memang benar bahwa nantinya seluruh transaksi akan menggunakan aplikasi Jakonemobile di Blok A dan Blok B Pasar Minggu. Sehingga setiap pembeli harus mendownload aplikasi Jakonemobile di playstore sebelum melakukan transaksi.”

            Bank DKI telah memasang spanduk dan dan banner di Blok A dan Blok B Pasar Minggu, Jakarta Selatan. “Namun belum ada sosialisasi dari Bank DKI kepada pedagang dan pembeli terhadap aplikasi Jakonemobile.” Ujar Natsir (22/05/ 2018)

            Pedagang dan pembeli di Pasar Minggu, masih melakukan pembayaran menggunakan uang cash atau manual. Natsir menambahkan “Nantinya pedagang akan di berikan barcode yang berupa gambar yang akan di tempel di dinding, sehingga pembeli hanya dapat membayar dengan cara menscan barcode di aplikasi Jakonemobile.” 

            “Sebenarnya kami siap saja jika nantinya pembayaran harus dilakukan dengan menggunakan aplikasi Jakonemobile. Namun tetap saya berharap untuk diadakan sosialisasi kepada kami pedagang dan pembeli sebab kami masih awam untuk melakukan pembayaran seperti ini” Ujar Semmy selaku pedagang di blok A pasar minggu.

            Semmy juga menambahkan “jika kami harus menggunakan transaksi dengan aplikasi Jakonemobile, saya berharap untuk pedagang yang berada di jalanan Pasar Minggu yang tidak menyewa lapak harus disamakan dengan kami. Tidak ada lagi pedagang liar di jalanan dan semua pedagang harus di lapak dan melakukan transaksi dengan aplikasi Jakonemobile.”

            Dalam pembayarannya, para pedagang langsung membayar sewa ke Bank DKI sebagai Bank yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan biaya sewa per kiosnya sebesar Rp120.000/bulan.

            “Harapannya kami sebagai pedagang, Bank DKI harus memberikan keadilan yang sama antara pedagang lapak dan jalanan. Agar kami bersama dapat  bertransaksi scan to pay kepada pembeli dengan menggunakan aplikasi Jakonemobile  dari Bank DKI. Ucap Semmy

Jurnalis: Legaria Nileanna
Editor  : Legaria Nileanna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar