Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Selasa, 29 Mei 2018

KPK Pastikan Tahun Depan Indeks Persepsi di Indonesia Meningkat

Gedung KPK. (Tempo.com)


Jakarta-Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) pastikan di tahun depan indeks persepsi di Indonesia akan meningkat di banding dengan tahun-tahun sebelumnya, senin 28 mei 2018.

            Indeks persepsi Indonesia pada tahun 2017 masuk dalam urutan ke tiga di ASEAN, dan berhasil mengalahkan Thailand dan Philipina. Namun Indonesia masih kalah dengan Singapura dan Malaysia yang menduduki peringkat nomor satu dan dua.

            “Salah satu yang bisa mengangkat prestasi atau indeks persepsi korupsi berasal dari penerbitan Perpres tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi. Ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif pada senin 28 mei 2018 di Gedung KPK.

            "Saat ini kita fokusnya sesuaikan dengan salah satu untuk meningkatkan CPI (corruption perception index) kita, yang sekarang itu 37 diharapkan kita bisa numbuh tahun depan tumbuh naik dua digit, syukur-syukur kalau tiga digit," kata Laode

            Laode kembali menuturkan perpres tersebut telah dibahas sejak lama bersama dengan lembaga dan kementerian terkait. Perpres itu juga menjadi alat bagi KPK dan pihak terkait untuk memperkuat pencegahan korupsi di semua ini pemerintahan.

            "Menurut informasi yang saya dapat kemarin, sudah dalam tahapan penyelesaian dan semua di tanda tangan menteri terkait tinggal Presiden saja," kata Laode.

            Nantinya, KPK akan menjadi kepala sekretariat dalam perpres tersebut. KPK bersama Bappenas, Kantor Staf Presiden, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berupaya mencapai peningkatan indeks persepsi korupsi yang lebih baik.
            “Harapan saya agar indeks persepsi ini setiap tahunnya akan selalu meningkat, karena ini sangat penting buat kita semua, dan saya harap agar semua Perpres ini berguna untuk menjadi pedoman bagi pihak terkait untuk menjalankan strategi yang telah disusun agar memperbaiki kualitas indeks persepsi korupsi di Indonesia.” Tutup Laode.

Jurnalis: Legaria Nileanna
Editor  : Legaria Nileanna


Tidak ada komentar:

Posting Komentar