Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Kamis, 25 Mei 2017

Masjid Baiturrahman Kompleks DPR RI Menjadi Tempat Favorit



Doc: Lala Kustiana

JAKARTA - Masjid Baiturrahman. Masjid berada di kompleks DPR RI Senayan Jakarta Selatan. Lokasi persisnya ada disebelah kiri belakang Gedung DPR RI.

Masjid dibangun mulai tahun 1995 menghabiskan biaya Rp.7 miliar dan selesai/diresmikan pada tgl. 28 Agustus 1997, oleh Bpk. Wahono, Ketua DPR/MPR waktu itu. Masjid berdiri diatas lahan seluas 2.000m2. Luas bangunan 1.240m2, sisanya untuk taman dan rerumputan. Pada tahun 2007 bangunan diperluas sekitar 200m2 untuk aula terbuka dibagian depan masjid.

Anggota dan para staff DPR RI melakukan shalat di Masjid ini karena memang sudah kewajiban untuk beribadah dan Masjid ini terbilang nyaman untuk beribadah. berarsitektur modern. Tampak dari atap yg ujungnya meruncing dan mendongak keatas mirip atap Gedung Opera Sydney juga mirip atap Keong Mas TMII.

 Jika dilihat dari atas, atap seperti tenda bergelombang yg terbagi menjadi 8 segmen/gelembung. Bagian tengah atap bertumpuk 3 lapis dan tepat ditengahnya mencuat penangkal petir dg ornamen Allah di puncaknya. Puncak menara diberi atap dengan pola seperti atap masjid. Secara keseluruhan warna masjid hijau muda untuk dinding dan hijau tua untuk atap.


Pengunjung yang melaksanakan shalat merasa betah berada di dalam Masjid Baiturrahman tersebut seperti salah satu staff karyawan DPR RI Agus Pamungkas. "Karena Masjid ini sangat luas dan adem jadi saya senang untuk beribadah disini apalagi Masjidnya bersih dan terjaga," ungkapnya. (Lala Kustiana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar