Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Selasa, 23 Mei 2017

BELAJAR ARTI BHINNEKA TUNGGAL IKA MELALUI 6 RUMAH IBADAH DI TMII


Rumah Ibadah khonghucu (Klenteng Kong Miao)
DOC: Astri Septiani


Jakarta (22/05) - Satu lagi tempat yang wajib kamu kunjungi jika sedang berwisata di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Selain anjungan dari berbagai daerah di Indonesia dan juga museum yang ada di dalam TMII, ternyata ada lagi tempat yang tidak kalah menarik, yaitu tempat-tempat ibadah dari agama islam, katholik, protestan, hindu, budha dan juga khonghucu yang juga bisa ditemui di TMII.

Keenam bangunan dari masing-masing rumah ibadah tersebut terlihat indah dengan ciri khasnya masing-masingPertama, ada Masjid Pangeran Diponegoro. Bangunan masjid ini terlihat cukup besar dan di dominasi warna pastel. Masjid ini memiliki kubah berwarna emas yang menambah keindahan dari tempat ibadah umat muslim ini. Di sebelah  Masjid Pangeran Diponegoro,  ada Gereja Katholik Santa Catharina yang memiliki chiri khas yaitu patung-patung yang menghiasi bagian depan gereja dengan bangunan yang menjulang.

Beranjak ke sebelah kiri, kita dapat menemui Gereja Protestan Haleluya yang berbentuk segitiga pada bagian atasnya. Sederhana namun terlihat indah. Bergeser ke sebelahnya, ada Pura Penataran Agung Kerta Bhumi yang sangat kentara ukiran-ukiran khas bali pada bangunan yang terlihat syarat akan seni. Kemudian disebelahnya ada Wihara Budha Arya Dwipa  Arama yang berdiri kokoh dengan bentuk menyerupai candi.

Di sebrang dari tempat-tempat ibadah yang sudah disebutkan tadi, ada satu bangunan yang mencolok dengan warna merah menyala. Tempat itu adalah Kuil Khonghucu Kong Miao yang bernuansa serba merah. Selain terdapat ornamen seperti lampion, disana juga disediakan dupa untuk sembahyang.

Para pengunjung terlihat antusias untuk berkeliling ke tempat-tempat ibadah yang ada di TMII ini, seperti Yulita yang datang bersama teman-temannya ketika ditemui di Kuil Kong Miao. “Menurut aku tempat ibadah juga merupakan tempat yang menarik buat dikunjungi selain anjungan yang ada disini. Karena untuk mempelajari kalo Indonesia tuh gak hanya bermacam daerah dan budaya aja, tetapi juga masyarakatnya terdiri dari berbagai agama. Jadi untuk belajar menghormati juga,” ujar Yulita mengenai tempat-tempat ibadah yang ada di TMII. “Seru banget, tadi habis foto-foto sama temen-temen yang lain di masing-masing rumah ibadah. Bangunannya keren semua,” tambahnya. 

Pihak TMII sengaja membuat rumah ibadah yang telah disebutkan diatas dengan lokasi berdekatan satu sama lain untuk menunjukkan Bhinneka Tunggal Ika dalam hal beragama, bahwa masyarakat dari berbagai agama bisa hidup rukun di Indonesia. Jika anda berminat mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah, pastikan anda juga mampir untuk melihat berbagai rumah ibadah yang ada disana. Rumah ibadah tersebut juga boleh dipergunakan pengunjung yang ingin beribadah. Jadi tidak ada salahnya kan belajar mengenai Indonesia melalui bangunan rumah ibadah yang indah? (Astri Septiani)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar