Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 04 Juli 2020

Olahraga yang cocok dilakukan pada saat dirumah aja

Depok (3/7) - Kondisi di masa pandemi yang membuat kita harus berada dirumah saja tentunya sangat banyak mengurangi aktivitas yang biasa kita lakukan. Jika biasanya saat berangkat bekerja atau aktivitas lainnya, tubuh kita banyak bergerak namun sekarang berbanding terbalik. Jangan biarkan kondisi ini terus berlalu begitu saja. Karena jika tubuh jarang digerakkan untuk aktivitas akan menurunkan kebugaran tubuh kita. Tentu hal ini sangat tidak kita inginkan. Beraktivitas dirumah saja tentu tidak boleh menjadi penghalang bagi kita untuk tetap bisa menjaga kebugaran tubuh.
 Nah untuk mengatasi hal tersebut, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips untuk membuat badan kalian tetap bugar di masa pandemic ini. 

1. Berlari-lari di teras rumah

Kegiatan berlari-lari kecil ini bisa kamu lakukan setiap hari selama sekitar 15 menit atau kamu pun bisa melakukan 3 kali dalam seminggu. Cobalah untuk berlari di area taman rumah atau teras lalu hitung berapa banyak kamu mampu bolak-balik di area tersebut. Tapi ingat, ada baiknya sebelum melakukan olahraga ringan di rumah ini, kamu melakukan peregangan agar tidak terjadi cedera otot. 

2. Melakukan push up 

Push up ini bisa dilakukan dirumah karena push ini merupakan olahraga yang cukup simple dan tidak membutuhkan ruang atau tempat yang luas. Kamu pun juga bias memanfaatkan alat-alat disekitar kamu untuk push up seperti meja atau kursi.

3. Yoga

Melakukan gerakan yoga dipercaya juga bisa membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Akan tetapi, sebelum melakukan yoga pastikan bila kamu memiliki matras sebagai alas agar tidak licin. Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan berbagai gerakan seperti gerakan sukhasana dan pranayama. Gerakan sukhasana dilakukan dengan cara duduk dengan kaki menyilang, sementara kedua tangan diletakkan belakang sembari menahan badan dan kepala menengadah ke atas. Sedangkan untuk gerakan pranayama hanya berupa aktivitas bernapas selama 10 kali. Bila kedua gerakan ini dilakukan secara bersama-sama tak hanya bisa menguatkan imun tubuh, tetapi juga menghilangkan stress akibat rasa jenuh karena bekerja dari rumah. 


4. Senam Aerobik. 

Jika tidak memiliki alat latihan kardio, kamu bisa melakukan senam aerobik yang memiliki manfaat yang serupa. Olahraga satu ini juga menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan selama di rumah. Kamu bisa melakukan senam zumba misalnya, dengan mengikuti video tutorial atau bahkan bersama teman-teman di rumah masing-masing lewat video conference. Instruktur olahraga aerobik tetap memberikan gerakan-gerakan yang membuat tubuh berkeringat sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Senam aerobik juga mampu meredakan gejala depresi dan gangguan cemas yang dihadapi selama pandemi ini. 


Berikut adalah beberapa tips yang kalian bisa lakukan untuk tetap sehat dan bugar selama pandemic covid-19 ini. Hanya dengan olahraga dirumah saja kalian tetap bias sehat dan tidak perlu biaya dan tidak ribet bahkan bias dilakukan kapanpun dan dimanapun.
 
Penulis    : Rafi Ardiansyah
Redaktur : Aditya Firman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar