Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 04 Juli 2020

Tips Anti Maling untuk Mobil dengan Sistem Smartkey


 Tips Anti Maling untuk Mobil dengan Sistem Smartkey

Illustrasi pembobolan mobil (Foto: Iintersport.id)

SUBANG
- Belakangan ini, semakin banyak produsen otomotif yang melengkapi produknya dengan sistem keyless. Membuka atau mengunci pintu mobil, serta menghidupkan mesin, semua dilakukan tanpa menggunakan anak kunci layaknya mobil konvensional, atau mobil jaman dulu.

Dilansir dari SUARA.COM. Tekniknya, pabrikan memanfaatkan gelombang radio unik untuk mengaktifkan sistem kelistrikan. Fitur baru ini bertujuan agar mobil makin aman dari aksi pencurian. Namun, nyatanya hal itu terkadang malah mendatangkan ide para penjahat untuk mengakali sistem keamanan mobil produk baru.

Perkembangan teknologi telah mengantar kunci mobil ke sistem Smartkey bahkan keyless (tanpa kunci). Di kalangan peretas atau hacker, bagian kendaraan satu ini juga masuk daftar utama "mengujicoba" keandalan mereka beroperasi. Masuk akal, karena sekali pintu terbuka, otomatis kejahatan lainnya bisa dilakukan. Mulai melarikan si mobil atau mengambil barang berharga di dalamnya.

Dilansir dari Liputan6.com. Berikut beberapa tips pencegahan pencurian mobil yang menggunakan sistem Smartkey atau keyless:

1. Jangan lupakan cara kerja Smartkey
Dijelaskan Andy Barrs, Kepala penghubung polisi di Tracker menjelaskan, pemilik jangan lupa untuk melakukan pengamanan standar, dan memastikan mobil terkunci dengan benar. Lalu, jangan taruh kunci di dekat pintu atau jendela.

Dengan begitu, pencuri tidak bisa menemukan sinyal di kunci cerdas untuk membobol sistem keamanan mobil. Lebih baik lagi, pemilik mobil bisa menyimpan kunci di tempat yang terbuat dari logam, untuk memblokir sinyal kunci cerdas.

2. Matikan Smartkey
Sementara itu, menurut Kepala Petugas Teknik di Thatcham, pemilik harus mengetahui apakah Smartkey miliknya memiliki fungsi mengalihkan sinyal. Pasalnya, beberapa pabrikan menawarkan fungsi tersebut, meski dengan cara kombinasi tombol yang rumit. Sebaiknya, periksa buku manual penggunaan kunci pintar Anda untuk memastikan apakah fitur tersebut tersedia dikunci pintar mobil Anda.

3. Alat keamanan tambahan
Pemilik mobil juga bisa menambahkan alat keamanan tambahan. Komponen tersebut kini banyak ditawarkan di pasar aftermarket, seperti kunci kemudi dan penjepit roda.

4. Kantong pemblokir sinyal
Saat ini, banyak dijual kantong pemblokir sinyal. Dengan menggunakan kantung tersebut, kunci tidak bisa mengirim sinyal saat pencuri mencoba melakukan tracking sinyal untuk membuka kunci mobil yang menggunakan kunci cerdas.

Dijelaskan Richard Billyeald, juru bicara Faraday, bagi pemilik mobil yang berniat membeli kantung sinyal ini harus tetap hati-hati. Pasalnya, pihaknya telah menguji beberapa kantung pemblokir sinyal, tapi ada beberapa yang tidak berfungsi. Dengan banyaknya kantong pemblokir sinyal beredar di pasaran, tidak tertutup kemungkinan masih banyak beredar kantong yang palsu.

5. Tetap waspada
Tips terakhir, bagaimanapun usaha pemilik mobil mencegah pencurian, pencuri selalu memiliki cara untuk mengambil kendaraan incarannya. Terakhir, selalu waspada, dan tetap menjaga kendaraan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.



Reporter : Novita Sari
Redaktur : Fiolita Dwina A



Tidak ada komentar:

Posting Komentar