Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 04 Juli 2020

Yuk, Intip Tips Merawat AC Mobil Agar Dinginya Tetap Awet!


Yuk, Intip Tips Merawat AC Mobil Agar Dinginya Tetap Awet!

Illustrasi pendingin (AC) pada mobil (Foto : google.com/ACMobil)

TANGERANG SELATAN – Kondisi cuaca di Indonesia yang panas, ditambah kondisi lalu-lintas khususnya Jakarta yang selalu macet, dan belum lagi ketika hujan yang tidak memungkinkan pengendara mobil untuk membuka jendelanya, memaksa para pengguna mobil untuk selalu menyalakan AC mobilnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat AC mobil supaya tetap memberikan udara dingin dan sejuk pada pengendara. 

Namun, bagaimana jadinya jika AC tiba-tiba bermasalah? Tidak berfungsi dengan baik, dan justru malah memancing emosi, karena harus berjibaku dengan udara panas? tentu hal ini ingin dihindari. Agar AC tidak mudah rusak dan terawat, sangat perlu melakukan perawatan intensif. Sebab, jika fungsi AC terganggu, bisa berdampak pada kondisi kabin. Selain menyebabkan udara panas, juga dapat memunculkan aroma kurang sedap, dan apek. 

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, yuk intip tips merawat AC mobil agar dinginya tetap awet dari Autonetmagz.

1. Jaga Kebersihan Pada Kabin Mobil
Pastikan kabin mobil selalu dibersihkan dari kotoran dan debu. Kabin yang kotor dan berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil serta memengaruhi kualitas AC. Jadi, bersihkan lah mobil beberapa kali dalam seminggu, terutama pada bagian karpet dan jok. Namun, bila tidak dibersihkan akan membuat jamur tumbuh di bagian-bagian tersebut, dan akan menimbulkan bau tidak sedap.

2. Hindari Membuka Kaca Saat AC Menyala
Jangan membuka kaca jendela, apalagi jika AC menyala. Karena saat membuka jendela mobil, otomatis debu dan kotoran akan masuk, dan membuat kain menjadi kotor. Jika memang harus membuka kaca mobil, sebaiknya matikan AC untuk sementara.

3. Hindari Merokok Dalam Kondisi AC Mobil Menyala
Jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah kaca agar asap dan abu rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil. Karena, asap dan abu rokok bisa merusak komponen AC. Kalau dibiarkan menumpuk, lambat laun pasti menutup lubang AC.

4. Bersihkan Kondensor AC Mobil
Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondesor AC, bersihkan juga kondensor saat kamu mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

5. Bersihkan Filter Kabin
Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter kabin. Lakukan perawatan saat melakukan servis di tukang servis AC mobil. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara teratur.

6. Lakukan Selalu Servis Pada AC Mobil Secara Teratur
Dengan melakukan servis secara teratur pada AC, akan membuat AC terawat dan berfungsi dengan baik. Selain itu, mempermudah pengecekan saat akan melakukan perawatan dan teratur dalam pergantian parts pada sistem pendingin AC mobil kamu.


Reporter : Marlita Nursanti
Redaktur : Fiolita Dwina A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar