Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 11 Juli 2020

Pemerintah Inggris Peringatkan Resiko Kekurangan Air pada 2040


Pemerintah Inggris Peringatkan Resiko Kekurangan Air pada 2040

Illustrasi penggunaan air keran yang bisa dijadikan air konsumsi (Foto : Google/com/airkerankonsumsi
)
JAKARTA - Inggris berada dalam "risiko serius" kehabisan air dalam waktu 20 tahun karena pembuat kebijakan, regulator dan kegagalan sektor air untuk mengatasi kebocoran dan sejajar dengan net-zero. Itu menurut laporan baru dari Komite Akun Publik, sebagai bagian dari penyelidikannya terhadap sektor air dan infrastruktur Inggris.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa sekitar seperlima dari volume air yang digunakan di Inggris setiap hari hilang karena kebocoran - suatu proporsi yang tidak berkurang dalam 20 tahun terakhir. Ofwat memperkirakan kebocoran akan berkurang sebesar 16% dalam lima tahun ke depan, tetapi Komite tidak yakin bahwa perusahaan air melakukan pengukuran dan investasi yang tepat untuk memenuhi target ini.

“Tidak ada satu organisasi pun yang memiliki pegangan menyeluruh dalam menangani masalah ini dan mendorong perubahan yang diperlukan,” kata laporan itu. Jika masalah ini tidak ditangani sebagai hal yang mendesak, Komite memperingatkan, Inggris kemungkinan akan menghadapi kekurangan air yang menyapu dalam dua dekade saat populasi bertambah, urbanisasi terus berlanjut dan iklim menghangat.

Pada bagian terakhir, Komite juga menyatakan keprihatinan tentang pendekatan sektor air untuk target net-zero Inggris 2050. Agustus 2019 menyaksikan sembilan perusahaan besar air dan layanan pembuangan limbah di Inggris berkomitmen untuk mencapai titik nol pada tahun 2030 dan, tak lama setelah itu, Badan Lingkungan Hidup pun mengikutinya. Sementara memuji ambisi ini, Komite prihatin bahwa perusahaan air perlu membangun infrastruktur intensif energi baru saat mereka memodernisasi, dan bahwa sektor ini belum mengembangkan peta jalan yang jelas untuk mengatasi emisi yang dihasilkan. Yang juga menjadi perhatian adalah kemampuan sektor ini untuk beradaptasi dengan perubahan iklim yang sudah 'dipanggang'.

Water UK telah memberi tahu anggota parlemen bahwa mereka bekerja dengan Defra, EA, Ofwat dan semua perusahaan besar untuk mengatasi tantangan ini. “Sangat sulit untuk membayangkan, di negara ini, memutar keran dan tidak memiliki air bersih yang cukup untuk diminum - tetapi itulah yang sekarang kita hadapi,” kata ketua Komite Akun Publik Meg Hiller MP.

“Kata-kata kosong tentang komitmen iklim dan kampanye informasi publik yang tidak didanai akan membuat kita memperoleh apa yang kita dapatkan selama 20 tahun terakhir: tidak ada tempat. Defra gagal memimpin dan perusahaan air minum gagal bertindak. Kami sekarang melihat ke Departemen untuk melangkah dan menebus waktu yang hilang sebelum terlambat," ucapnya lagi





Reporter : Nining Melani
Redaktur : Fiolita Dwina A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar