Tips Rawat Kopling Agar Tetap Dalam Kondisi Prima
Illustrasi kopling motor (Foto : motomobi.id) |
PAYAKUMBUH - Sepeda motor menjadi
salah satu alat transportasi untuk menemani dalam beraktivitas sehari-hari.
Untuk jenisnya sendiri terdapat dua jenis sepeda motor, yakni jenis transmisi manual atau kopling.
Keberadaan motor kopling di Indonesia saat ini memang tidak sebanyak skuter
matik.
Kemudian, supaya kopling tetap dalam kondisi
prima dan bisa bekerja dengan baik, maka perlu melakukan pemeriksaan dan melakukan
penyetelan secara teratur. Beberapa hal prinsip dasar atau basic yang harus
diketahui secara prinsip dan cara kerja, komponen dasar, dan cara perawatan
kopling di sepeda motor.
Langkah awal yang bisa dilakukan
dengan melakukan pemeriksaan, yaitu memastikan jarak main bebas di handle
kopling harus berada di kisaran 10-20mm. “Cara penyetelannya dengan
melonggarkan mur pengunci, kemudian putar mur penyetel sampai dapat standar
jarak main bebas, dan terakhir kencangkan mur pengunci,” terang Ade Rohman, Technical
Service Sub Dept. Head PT Daya Adicipta Motora.
Ketika melakukan penyetelan dibawah
dekat mesin dimulai dengan melonggarkan mur pengunci, putar mur penyetel sampai
mendekati standar jarak main bebas. “Selanjutnya, pastikan kabel kopling bisa
bekerja dengan normal, tidak ada serabut kabel yang rusak, terjepit, routing
kabel sesuai standar, dan kabel dapat bergerak dengan bebas saat handle kopling
ditekan,” ujar Ade.
Setelah melakukan penyetelan kopling,
kemudian lanjutkan dengan melakukan pemeriksaan dengan meletakkan kendaraan
dalam keadaan kondisi standar tengah. Setelah itu hidupkan mesin, tekan handle
kopling dan masukan gigi 1 dan cek roda
belakang di sepeda motor.
“Kopling motor yang normal adalah
ketika kopling ditekan penuh, roda belakang tidak berputar. Sedangkan saat
kopling ditekan setengah, roda belakang mulai berputar secara perlahan dan
ketika kopling dilepas penuh roda belakang akan berputar,” tutup Ade.
Reporter : Gilang Permata Indah
Redaktur : Fiolita Dwina A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar