Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 06 Januari 2024

Tiongkok Raih Pujian Sebagai Kontributor Bagi Perkembangan Marathon Dunia

China Marathon Expo (Foto: Xinhua)

Tiongkok - Manajer lari jalan atletik dunia Alessio Punzi memuji Tiongkok sebagai kontributor besar bagi perkembangan marathon dunia.

Dalam wawancara eksklusif di China Marathon Expo dengan Xinhua, Punzi menyebut bahwa sejak debut Beijing Marathon pada tahun 1981, pasar lari jalan raya di Tiongkok telah tumbuh, berkembang, dan matang.

"Event lari jalan raya di Tiongkok kini mengalami peningkatan yang signifikan," Kata Punzi, dilansir dari kantor berita resmi China, Xinhua, Jum'at (05/01/2024).

Peningkatan yang signifikan tersebut berdasarkan Asosiasi Atletik Tiongkok yang mencatat 580 marathon resmi dengan 5,5 juta peserta pada tahun 2023.

“Asosiasi Atletik Tiongkok juga mempunyai tugas tertentu untuk mengendalikan hal itu, seperti membuat peraturan, membuat pedoman latihan untuk pengembangan maraton yang harmonis,” ujarnya.

Dengan pertumbuhan event lari, Punzi mencatat perkembangan dalam industri tersebut. Dimana perusahaan lari Tiongkok dan produsen sepatu terbesar menunjukkan minat yang semakin besar.

"Dengan masuknya lebih banyak sumber daya dan kompetisi yang meningkat, atlet top mendapat lebih banyak perhatian. Terjadi inovasi dan bahkan kemajuan teknologi dalam lomba marathon," pungkasnya.

Punzi juga menyampaikan harapannya agar pelari dan penyelenggara marathon Tiongkok terus bekerja dengan baik menjelang Tahun Baru Imlek.

Sekedar informasi, China Marathon Expo merupakan pameran industri lari jalan raya Provinsi Fujian tahun 2024 yang berlangsung selama tiga hari di Xiamen, Fujian, Tiongkok Tenggara.


Reporter: Dinda Ayu Palupi 

Redaktur: Khalda Livia Zahrah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar