Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 07 Januari 2024

Kenapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Negara Lain di Dunia? Simak penjelasannya

 


Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang belum pernah dijajah oleh negara atau bangsa manapun di dunia. Bagaimana hal itu, terjadi

Kolonisasi atau kolonialisme terjadi ketika suatu negara menaklukkan negara lain, menundukkan penduduknya, dan mengeksploitasi negara tersebut. 


Kolonialisme seringkali memaksakan nilai-nilai budaya dan bahasanya kepada masyarakat terjajah. Pada tahun 1914, sebagian besar negara di dunia telah mengalami kolonialisme Eropa Kecuali, Thailand. 

Terhindarnya Thailand dari penjajahan negara-negara Eropa berkaitan dengan reformasi sentralisasi oleh Raja Chulalongkorn.


Thailand yang dahulu disebut sebagai Kerajaan Siam terletak di antara Burma yang dikuasai Inggris dan Indochina yang dikuasai Prancis, sekarang menjadi Vietnam, Laos, dan Kamboja.


Rahasia Thailand tak pernah dijajah

Raja-raja Siam, khususnya Chulalongkorn, menyadari bahwa satu-satunya cara untuk melepaskan diri dari kolonialisme adalah dengan mendekat ke Eropa. Menurut Sejarawan Baru, pada pertengahan abad ke-19 Siam mempunyai sistem politik yang unik dan mapan yang dikenal dengan nama Mandala. 

Sistem Mandala malah berfokus pada wilayah pengaruh di mana penguasa yang lebih lemah memberi penghormatan kepada penguasa yang lebih berkuasa.


Redaktur : irawan dwi suseno

Reporter : wirda rahma f.s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar