Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Selasa, 02 Januari 2024

Pengecekan Stok Pangan Pemprov Papua

 


Stok pangan di Provinsi Papua empat hari menjelang perayaan Natal pada 25 Desember 2023, dipastikan tetap terjaga dan tersedia di pasaran.

Berdasarkan informasi dari Jeri A. Yudianto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua, dari pemantauan langsung di lapangan, persediaan bahan pokok tetap terjaga meskipun terjadi kenaikan harga cabai dan beberapa komoditas lainnya.

"Tapi saya tegaskan bahwa kenaikan di beberapa bahan pangan seperti cabai itu sifatnya regional/nasional."

"Kenaikan harga juga dikarenakan terbatasnya pasokoan dan produksi," Jeri menyatakan dengan jelas di Jayapura, pada hari Kamis (21/12/2023), setelah melakukan pemantauan di pasar tradisional dan swalayan Kota Jayapura.

Menurut Jeri, Pemerintah Provinsi Papua saat ini aktif menanggapi kenaikan harga beberapa komoditas pangan di wilayah Bumi Cenderawasih.

Pantauan dan pengawasan terus dilakukan bersama pihak terkait untuk mencegah kenaikan harga pangan yang memberatkan warga (21/12/2023).

Sementara itu, data dari Bulog wilayah Papua per 21 Desember 2023 menunjukkan bahwa stok beras memiliki ketahanan hingga 3,1 bulan ke depan, dengan perkiraan stok operasional sekitar 9,104 ton.

 Rinciannya, beras komersil mencapai 749 ton, gula sebanyak 178 ton, dan minyak goreng sekitar 139 ton.

Dalam beberapa situasi, Pemerintah Provinsi Papua telah melaksanakan operasi pasar, inspeksi mendadak (sidak), dan bahkan menyelenggarakan pasar murah di beberapa lokasi. Semua upaya ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan kenaikan harga pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

 

ig: @pemprovpapua

Reporter : Denandito MahaRadja

Redaktur : Riedho Nur A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar