Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Jumat, 05 Januari 2024

Rahasia Dibalik Laut China Selatan, Terdapat Harta Karun?

Laut China Selatan (Foto: BBC World)

Jakarta - Laut China Selatan menjadi lokasi strategis di wilayah perbatasan China, Filipina, Malaysia dan Indonesia. Konon laut ini memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah yang terdapat di dalamnya.

Laut China Selatan merupakan perairan yang memiliki kekayaan sumber daya yang mencapai nilai fantastis. Hal ini tentu menjadi pemicu terjadi sengketa panas antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Dikutip dari Detik (2/1/2024), nilai komoditas yang mencapai triliunan dolar menjadi keuntungan bagi setiap negara yang bekerja sama terutama pada sektor-sektor perairan. 

Tidak hanya sampai disitu, Laut China Selatan juga memiliki hasil minyak dan gas yang signifikan. Diperkirakan terdapat 11 miliar barel minyak yang belum dimanfaatkan dan 190 triliun kaki kubik cadangan gas alam di Laut China Selatan.

Dilansir CFR Global Conflict Tracker, total nilai perdagangan yang melintasi kawasan Laut China Selatan pada 2016 mencapai $3,37 Triliun Dollar.

Sekedar informasi, Laut China Selatan kini menjadi jalur tercepat perdagangan antar negara karena menjadi jalur tercepat yang melintasi Samudra Pasifik dan Samudra Hindia yang di apit oleh banyak negara.



Reporter: Rima Azahra

Redaktur: Khalda Livia Zahrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar