Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Kamis, 04 Januari 2024

Sistem Hybrid Efektif Atau Tidak ?

 


JAKARTA – Pembelajaran jarak jauh atau daring telah menjadi kebijakan Universitas Nasional (UNAS) dan sebagian besar kampus di Indonesia sejak awal tahun 2020 sebagai respons terhadap penyebaran virus Covid-19. Mahasiswa Angkatan 2020 dan 2021 telah mengikuti kuliah daring sejak awal memasuki dunia perkuliahan hingga akhir tahun 2022. Pada awal tahun 2022, pemerintah mengizinkan dilaksanakannya kegiatan perkuliahan, namun dengan menerapkan sistem hybrid.

Sistem kuliah hybrid merupakan sebuah metode perkuliahan yang menggabungkan kegiatan kuliah secara online dengan perkuliahan tatap muka. UNAS menerapkan sistem ini hingga saat ini yakni tahun 2023 dengan sistem seminggu online dan seminggu offline. Hal ini memunculkan respon yang berbeda-beda dari setiap mahasiswa UNAS.

“Enakan online soalnya dirumah aja ngga perlu repot-repot ke kampus, bisa ngezoom bisa sambilan kalo kelas,” ujar Caca, salah satu mahasiswa UNAS, Jumat (29/12/2023).

Meski tidak bertatap muka langsung secara terus-menerus, kuliah hybrid pun tidak mengubah fungsi maupun manfaat dari perkuliahan itu sendiri. Sebaliknya, tampaknya kuliah hybrid justru memberikan keuntungan bagi mahasiwa maupun dosen yang mengajar. Saat ini teknologi sudah dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Tapi kadang dosen banyak yang cuma ngasih materi doang tanpa jelasin, kayak jadi cuma-cuma aja kuliahnya, tapi selebihnya enak banget sih  lebih efektif juga,” ungkap Caca.

Pembelajaran jarak jauh sangat bergantung dengan internet dan perangkat digital. Tidak semua mahasiswa memasang WiFi ditempat tinggal mereka. Jadi, balik lagi dengan kondisi setiap mahasiswa sistem hybrid ini apakah efektif atau tidaknya tergantung dengan mahasiwa yang menjalaninya. (hfl)

Reporter        : Hafilah Ghaisani (203516516412)

Redaktur        : Friska Sabrina (203516516372)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar