Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Rabu, 06 Juni 2018

                                 Sepeda Besi Yang Terlihat Manis


Rabu 06 juni 2018, 02.46 WIB

                                                                                                                                                                                                            (foto: Iqbal Rizki Utama)

Jakarta-  Nuansa Bulan Ramadhan tak menjadikan kegiatan hari bebas kendaraan mobil dan motor (Care Free Days) sepi dari rutinitas olahraga bagi masyarakat ibu kota ,di kawasan Sudirman hingga Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Menjadi titik berkumpulnya berbagai macam komunitas anak-anak muda salah satu komunitas tersebut sepeda custom bike, merupakan salah satu sepeda yang di rakit berbagai macam bentuk. Minggu,(3/6)


Komunitas sepeda ini berdiri sejak  tanggal 11 januari 2009 ,mempunyai sebuah nama yaitu Sweet Iron Lowrider ( SIL-BC) komunitas ini bermula, hanya segelincir orang yang melihat tentang sepeda unik bernama lowrider di salah satu majalah remaja dan liputan tv.

“ salah seorang  senior dari anggota SIL-BC  tersebut menyatakan dahulu kami melihat dari salah satu program  tv yang menampilkan sebuah komunitas sepeda lowrider di Jakarta pada sekitar tahun 2006-2007, kalau tidak salah sobat kami dari Jakarta Street Lowrider yang diliput TV lokal tersebut. Di tambah lagi ada liputan dari salah satu  band punk rock asal bali yaitu Superman Is Dead serta salah satu video klip rapper US “ Ujar andre senior anggota SIL-BC (30) saat di temui di bundaran HI

“ asal muasal nama komunitas Sweet Iron Lowrider menurut koko (32) yang  menuturkan ide nama tersebut memiliki makna yang berarti SIL memiliki arti Sweet itu bahasa Indonesianya manis sedangkan Iron itu merupakan besi maka bila digabungkan yaitu besi yang terlihat manis.

“ besi yang terlihat manis tersebut mengandung sebuah arti kami membangun sepeda ( frame) yang sudah uzur, dibangun kembali  (restorasi) dengan cat mengkilap serta bagian lainnya ( parts) di lapisi chorome ataupun emas maka jadilah sepeda impian untuk dilihat dan mencerminkan jati diri bagi pengendaranya.”Ujarnya.

“Dahulu komunitas kami hanya dari beberapa orang saja diantara orang-orang tersebut yaitu Mas Agus,Onoz,Amrin,Nana,Ozan arab,Anggi, Ojan, Om Djoko, Raden, Wiby, Andre, Riza, Iko, dan, Aday.kemudian semakin pesatnya pengetahuai kaum remaja yang sudah mengenal sepeda lowrider ini rambat raun mulai bermuncul anggota-anggota baru.” Ujar Om Djoko selaku senior yang terbilang usianya (56) dari anggota senior lainnya.

“Om Djoko menyatakan, sepeda lowrider ini berbagai macam jenis nama-nama sepeda yaitu Cooper sepeda yang panjang,custom UK 20 itu yang di custom bodi serta part lainnya, Scrizer sepeda yang terbilang lebih cepat dari ukuran lainnya serta custom baby stayle yang merupakan ukuran terkecil dari semua ukuran.

“komunitas kami sudah menjuari berbagai kejuaran kontes sepeda lowrider di berbagai daerah mulai dari tanggerang custom bike, malang custome bike, tebet custom bike dan Jakarta bike custom serta masih banyak lagi kejuaraan yang tidak kami sebutkan satu-persatu.” Ujarnya.


                                                                        Jurnalis: Iqbal Rizki Utama; Editor: Iqbal Rizki Utama



































Tidak ada komentar:

Posting Komentar