Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Rabu, 06 Juni 2018

KEBAHAGIAAN KOMUNITAS PECINTA IGUANA BINATANG REPTIL YANG DIPELIHARA

Daniel Firman si pecinta Reptil

JAKARTA – Siapa sih yang tidak tau dengan reptil hijau ini? Yap, Iguana. Walaupun termasuk jenis hewan kadal yang terlihat agak geli, iguana ternyata menjadi hewan peliharaan bagi beberapa masyarakat Indonesia. Salah satunya Daniel Firman (21) yang hobi pelihara iguana. Daniel sendiri tidak merasa takut waktu pelihara 5 iguana di rumahnya. Saat ditanyakan alasannya pilih iguana untuk dipelihara, menurutnya iguana merupakan hewan yang unik dan eksotis. Selain itu perawatan hewan ini lebih mudah dan makananannya meliputi sayur serta buah-buahan saja. “Iguana perawatannya mudah, dan makannya nggak aneh-aneh. Biasanya saya Cuma kasih sawi atau pisang. Apalagi iguana kuat puasa, minum dikit aja masih kuat. Yaa, sedikit ngirit,” ungkap daniel diselingi tawa.
Kali ini Daniel bareng teman-teman Komunitas Pecinta Iguana (KPI) Regional Jakarta bagi-bagi pengalaman mereka waktu pelihara hewan Iguana dalam acara Jakarta Pet Community Gathering All About Iguana. KPI regional Jakarta sendiri sudah berdiri sejak Maret 2013 dengan beranggotakan 30an member lebih yang masih aktif hingga kini. Biasanya komunitas ini nongkrong bareng iguana kesayangan setiap hari Minggu di Jakarta Car Free Day, tepatnya di sekitar kawasan bundaran HI.
Daneil selaku salah satu anggota KPI Jakarta bercerita pengalamannya memelihara iguana. “Karena iguana termasuk reptil berdarah dingin yang memerlukan panas matahari. Iguana perlu dijemur untuk mengembangkan metabolismenya,” tutur Daniel. Terkadang ia memberikan suplemen untuk peliharaan kesayangannya untuk pertumbuhan dan merawat kulit. Hingga kini Daniel dan kawan-kawan belum menemukan kesulitan yang signifikan saat memelihara iguana. “Yang penting selalu menjaga kebersihannya dan makanannya,” ujar Daniel.
Faktanya iguana berasal dari Amerika Latin lho. Namun hewan reptil satu ini cukup cepat beradaptasi dengan iklim Indonesia, karena sama-sama beriklim tropis. Selain jadi hewan peliharaan, iguana juga bisa menjadi komoditi. Biasanya harga Iguana di pasaran mulai 400 ribu hingga puluhan juta. “Mahal enggak nya iguana tergantug perubahan warna genetiknya. Kalau warna genetinya berubah menjadi biru, merah, orange atau albino biasanya lebih mahal,” Daniel menambahkan.


Jurnalis    : Yovie Trimuza
Editor      : Fajarudin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar