Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Rabu, 06 Juni 2018

Kampung China Ternyata Bukan "China"

Rabu, 6 Juni 2018


CYBER UNAS, JAKARTA - Gerbang Kemakmuran. Begitulah tulisan yang terpampang jelas di depan pintu masuk Kampung China yang terletak di Kota Wisata Cibubur. Disamping kanan kiri tulisan tersebut ada dua ukiran naga berwarna biru yang seolah menjadi penyambut para pengunjungnya. Dari namanya saja sudah jelas Kampung China, apakah benar tempat wisata ini hanya sebuah nama atau memang benar adanya penduduk China yang tinggal disini.

Setelah memasuki Kampung China, para pengunjung disambut dengan jembatan yang menjadi penghubung pintu masuk dengan dereta kios-kios yang ada di dalamnya. Tentunya dengan cat dinding merah dan kuning yang menjadi khas China.

Kampung China ini menjadi pusat perbelanjaan pernak-pernik asal Tiongkok. Mulai dari aksesoris, gantungan, angpao, pakaian hingga lampion bisa Kamu jumpai di tempat ini.

Namu berdasarkan pantauan kami, tempat ini tampak tidak benar-benar 'China'. Apa maksudnya?

Setelah mengelilingi Kampung China, tidak semua kios di dalamnya menjual hal-hal yang bernuansa China. Ada yang menjual pakaian biasa, kaos oblong, bahkan pakaian muslim dan hiasan dinding kaligrafi bertuliskan Arab juga ada di Kampung China.

Nyoman (32) salah satu pengunjung wisata Kampung China mengungkapkan kegembiraannya bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata di Cibubur. "Seneng banget pastinya, bisa ajak jalan anak-anak kesini. Apalagi tempat ini unik aja gitu. Nuansanya berbau China tapi ya walaupun bukan semua orang disini China," ungkap Nyoman.

Tak hanya itu, di Kampung China hampir tidak menemukan kuliner khas Tiongkok di tempat ini. Yang ada justru kuliner khas nusantara, seperti Gado-gado, Ketoprak, Pecel Ayam, Bakso, dan lainnya.

Kampung China di Wisata Kota Cibubur ini telah berdiri sejak tahun 2002. Dari 216 kios yang ada di Kampung China ini, hanya sekitar 100 kios yang masih bertahan dengan alasan, sepi pembeli. Rata-rata pengunjung yang datang, hanya melihat-lihat tanpa membeli, selain itu pengunjung lebih memanfaatkan spot-spot indah untuk berfoto.

Jurnalis : Zuliandiko Bachmid
Editor : Zuliandiko Bachmid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar