Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Jumat, 28 Juni 2019

Kampung Tematik Bogor


Kampung Tematik Bogor


Sekretaris Kecamatan Bogor Utara (foto by: Ines)

Program Kampung Tematik yang digagas Pemerintah Kota (PEMKOT) Bogor perlahan telah dijalankan. Diantaranya Kecamatan Bogor Utara. 
            Walaupun belum semua kampung atau kelurahan membuat program ini, tetapi beberapa kampung di kecamatan bogor utara sudah menjalankan program. “Karena Pak Walikota telah mengintruksikan kepada Camat, kita juga sudah mengintruksikan kepada kelurahan untuk mempunyai kampung tematik sendiri-sendiri,” ujar Sihabudin, S.E, selaku Sekretaris Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor.
            Program Kampung Tematik, khususnya Kecamatana Bogor utara berfokus pada Kelurahan Tanah Baru. “Di Tanah baru itu ada kampung tematik sekebun, kampung tematik sekebun artinya lahan-lahan yang tidak produktif dipelataran masyarakat itu di buat kebun,“ ujar Sekcam Bogor Utara.
            Kampung Sekebun berada di Rt 03 Rw 02, kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Hasil dari Sekebun bisa dinikmati masyarakat itu sendiri. Rencananya akan dibuat pasar untuk hasil  kampung sekebun. “Jadinya ada pasar untuk menjual hasil sekebun, untuk menambah perekonomian masyarakat” jelas Sihabudin.

Kampung Tematik Sekebun (foto by: Ines)

            Kampung Tematik Sekebun dikelola oleh masyarakat, terutama KWT (Kelompok Wanita Tani), kelompok wanita tani yang terdiri dari ibu-ibu yang berpartisipasi dalam menjaga dan merawat lingkungan, Salah satunya dengan bertani. “Disana juga terdapat Dasawisma, dimana mereka mendata, mencatat, melaporkan, berapa banyak masyarakat yang mempunyai kebun” jelas Sihabudin.
            Dengan adanya Kampung Tematik di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara. Masyarakat tidak perlu pergi jauh untuk menikmati taman. “Kalau dikita sudah ada kampung tematik jadinya masyarakat tidak perlu pergi jauh , disini juga sudah ada,” Jelas Sihabudin.
Masyarakat juga merasa terbantu dengan adanya Kampung Tematik. “Dengan adanya sekebun ini menurut aku kegiatan yang positif banget, selain bikin kampung aku jadi asri dan tertata, sekebun juga menguntungan buat warga disini karena dari hasil mereka tanam sendiri itu bisa buat dikonsumsi sendiri & juga bisa untuk dijual,” jelas Gina, warga kampung tematik sekebun.
            Kecamatan Bogor utara dipimpin oleh Camat baru, yaitu Rahmat Hidayat yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan (Adbang) pada Sekretariat Daerah (Setda). Sebelumnya Kecamatan Bogor Utara dipimpin oleh Atep Budiman yang sekarang menjabat sebagai Camat Bogor Selatan.
            Dengan adanya perubahan pemimpin di Kecamatan Bogor Utara, program Kampung Tematik dipertahankan. “Program ini harus dipertahankan, karena yang sudah ada dan kita tambahakan inovasi dengan ada camat yg diganti , inovasi yang mereka punya,” jelas Sihabuddin. 




Penulis     : Ines Syamsiah Putri
Editor       : Adlina Zakirah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar