Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 30 Juni 2019

Pedagang Pasar Mayestik Gunakan Transaksi Non Tunai

 

Pedagang menunjukkan kartu e-money dan mesin Q Cash pembayaran non tunai di Pasar Mayestik, Jakarta. (Foto : Google)

            KEBAYORAN BARU -  Suasana bertransaksi di Pasar Mayestik mulai menunjukkan adanya transformasi. Kehadiran pemain-pemain di industri teknologi finansial mulai mendorong pedagang dan pembeli mencoba pengalaman baru bertransaksi nontunai dengan menggunakan aplikasi pembayaran digital yang tersimpan pada smartphone mereka. Para pembeli dan pedagang mengungkapkan kegembiraannya menyambut budaya baru yang menurut mereka lebih efisien dan tidak pusing lagi memikirkan kembalian. Sejak tahun 2017, Pasar Mayestik ini sudah bekerjasama untuk menggunakan pembayaran transaksi non tunai dalam setiap pembelian yang di terima.
            Menurut salah satu pedagang di Pasar Mayestik, yaitu Ibu Siti Menjelaskan Bahwa program ini akan mempermudah transaksi atau pembayaran antara pembeli dan pedagang atau pelaku usaha di Pasar Mayestik, dengan menggunakan transaksi nontunai, pembeli tak perlu lagi membawa uang tunai nya ke pasar. Tujuan program ini juga untuk menghadirkan pengalaman bertransaksi di era digital yang mudah, cepat, nyaman, dan aman baik bagi para pedagang maupun pelanggannya. Dan hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing pasar terhadap retail modern yang semakin meningkat setiap tahunnya.
            “Dengan adanya transaksi non tunai, saya dan pedagang lainnya yang ada disini tidak harus repot mencari uang receh untuk digunakan dalam uang kembalian para pembeli. Sekarang, jika ada pembeli tinggal klik di aplikasi pembayaran yang sudah bekerjasama dengan kami” ujar Ibu Siti saat diwawancarai di Pasar Mayestik pada Jum’at (28/6).
            Aplikasi yang digunakan bertransaksi antara lain adalah LinkAja,  DANA, OVO, T-Cash, GOPAY, dan lain-lain yang dapat mempermudah penjual dan pembeli dalam bertransaksi di Pasar Mayestik yang sudah menggunakan transaksi Non Tunai. Standardisasi Kode QR juga membawa angin segar bagi masyarakat, khususnya bagi pengguna aplikasi pembayaran nontunai secara digital. Diharapkan, hal tersebut akan mempercepat terwujudnya masyarakat nontunai di Indonesia. Dengan ini pembayaran sistem Non Tunai dalam aktivitas harian merupakan langkah pertama yang ditempuh guna mendongkrak kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa keuangan digital dengan merangkul pelaku usaha dipasar .


Reporter   : Anitya Maharani
Editor       : Ghea Pattia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar