Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Minggu, 30 Juni 2019

Harga Bawang Putih Kian Menurun Di Pasar Minggu

           

 Pedagang sayur-mayur di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.


           Kenaikan harga bawang putih pada pekan pertama bulan Ramadan atau puasa tahun ini banyak dikeluhkan pedagang. Sebab, harga bawang putih di pasaran saat itu tembus Rp 70.000 - Rp 80.000 per kilogram. Bahkan, di beberapa pasar harganya bisa mencapai Rp 100.000 per kilogram. Padahal rata-rata harga bawang putih sebelumnya Rp 32.000 hingga Rp 35.000 per kilogram.
            Saat ini harga bawang putih di sejumlah Pasar sudah mulai stabil. Misalnya, di Pasar Minggu, harga bawang putih telah turun menjadi Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per kilogram. Adapun sebelumnya mencapai Rp harga Rp 70.000 ribu hingga Rp 80.000 per kilogram.
            “Sudah dari 1 bulan yang lalu bawang putih harganya turun, dibandingkan dengan awal puasa yang harga nya sangat melonjak sampai-sampai pedagang disini waktu itu menggunakan bawang putih yang tidak laku untuk di jual kembali dengan harga yang murah, tetapi alhamdulillah sekarang sudah menurun harganya” ujar Bu Ani sebagai pedagang sayur-mayur di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jum’at (28/6/2019).
            Menurunnya harga bawang putih dinilai disebabkan oleh adanya stabilitas pasokan sebab bawang putih impor mulai menyuplai pasar. Meski begitu, harga bawang putih saat ini belum kembali ke harga normal di level Rp 32 ribu-Rp 35 ribu per kg.
            "Kami harapkan tentu, harga bawang putih di pasar tradisional bisa Rp 32 ribu per kg, dan di ritel bisa Rp 35 ribu per kg," ujar Bu Ani. 
            Adapun pasokan bawang putih yang sudah mengintervensi penurunan harga di Pasar Minggu, sudah berjumlah 3,6 ton. Dengan adanya suplai yang cukup itu, harga bawang putih dapat merangkak turun dan diharapkan dapat terus mengalami penurunan signifikan seperti dulu.
            Sejak bawang putih impor masuk secara berangsur, terdapat penurunan harga. Meski belum kembali ke harga normal, akan tetapi penurunan harga bawang putih saat ini tak lepas dari peran operasi pasar (OP) yang dilakukan pemerintah di lintas kementerian maupun lembaga untuk terus menjaga stabilitas harga yang berkelanjutan, serta memfasilitasi pemerintah daerah dengan para distributor untuk memasok OP kepada para pedagang. 
 
       


Reporter : Ghea Pattia
Editor     : Ghea Pattia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar