Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Rabu, 04 Juli 2018

Makanan Bersantan Jadi Menu Wajib Saat Lebaran



Makanan khas lebaran


CYBER UNAS, DEPOK – Merayakan Hari Raya Idul Fitri sepertinya tak lengkap tanpa menyantap makanan khas lebaran. Makanan bersantan sudah tidak asing lagi terdengar saat hari raya tiba. Berbagai macam olahan menu makanan berbahan dasar santan pasti tersedia di rumah. Hal ini sudah seperti kewajiban bagi masyarakat untuk memeriahkan hari raya dengan kuliner khas turun temurun ini.
     Opor ayam dan rendang merupakan dua dari berbagai menu wajib saat lebaran. Walaupun menggunakan bahan dasar santan yang identik dengan kolesterol, namun makanan ini tak pernah luput dari daftar menu wajib di meja makan saat lebaran tiba. Masyarakat mengikuti tradisi lebaran untuk menyiapkan menu makanan bersantan ini.
     Istiyah (50)  yang merupakan warga Depok mengakui bahwa menu wajib saat lebaran adalah makanan berbahan dasar santan. “Walaupun hari-hari biasa sering dimasak, tapi kalau lebaran rasanya beda. Seperti spesial, dan harus ada di meja makan,” ungkapnya. Ia menambahkan bahwa menu pelengkap untuk menyantap menu wajib ini adalah ketupat. Berbahan dasar beras, lalu diolah dengan daun kelapa sebagai lapisan luar.
     Menu wajib ini seperti tradisi turun-temurun yang akan selalu ditemui saat hari raya. Meski masyarakat tidak mengetahui asal muasal menu bersantan menjadi wajib saat lebaran, namun masyarakat tidak merusak tradisi dengan mengganti menu makanannya. Istiyah mengatakan menu ini sudah seperti warisan leluhur, karena lebaran tidak lengkap tanpa makanan bersantan. “Kalau kata orang Depok sih, belum lebaran kalau belum makan opor ayam sama ketupat mba,” ujarnya sambil tertawa saat diwawancara.

Jurnalis            :  Yuni Roismawati Fatma
Editor               :  Nadia Ananda Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar