Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Selasa, 03 Juli 2018

Tradisi Pasca Lebaran ala Warga Bakung Kidul

Pargelaran Campur Sari Sinden dan Dayang (foto: Rigita Astri)


Tradisi Halalbihalal digelar di kantor desa Kendalrejo, Purworejo, Minggu (17/6). Acara ini digelar untuk mempererat kebersamaan, antara warga perantau dengan warga masyarakat Bakung Kidul. 
Mengambil tema "Dengan Silaturahmi Kita Tingkatkan Akhlakul Kharimah" bertujan agar para keluarga besar Bakung Kidul dan perantau se-Jabodetabek untuk berkumpul bersama dan mempererat kembali tali silahturahmi.
"Halal Bihalal ini merupakan wujud bersama antara warga yang merantau dengan warga masyarakat Desa Bakung Kidul untuk berkumpul bersama, dan mengingat kembali kampung halaman, serta membenahi diri masing-masing" ujar Agi (42) salah seorang panitia.
Selain berkumpul bersama sambil bermaaf-maafan di bulan Syawal ini, ada berbagai kegiatan. Termasuk wayang kulit, campur sari, hiburan tembang kenangan, dan lainnya.
Campur sari menjadi acara yang ditunggu-tunggu warga, karena sudah menjadi tradisi kegiatan di daerah ini pasca lebaran. Sekiranya setiap tiga hari selepas hari lebaran kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan warga, para pejabat kepolisian setempat, para lurah, tokoh masyarakat, sesepuh, dan seniman.
Agi juga menambahkan bahwa bersyukurnya kegiatan ini bisa berlangsung sampai detik ini dan semoga bisa berjalan sampai turun temurun agar terlestarinya budaya jawa dan tidak pupus di makan oleh waktu.

Reporter : Rigita Astri
Editor : Nadya Ananda P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar