(Source: Silvia Maharani)
Oleh Silvia Maharani pada Senin 17 April 2017 12.30
Jakarta – Kereta listrik
jabodetabek merupakan salah satu alat transportasi favorit yang diipilih oleh
masyarakat. Rangkaian gerbong kereta ini selalu terisi dengan penuh, keramaian
di dalam KRL dapat kita lihat pada pagi hari saat banyak pengguna yang berpergian
untuk menuju ketempat tujuannya, dan
terjadi pada sore hari ketika para pengguna KRL ini mengakhiri
aktifitasnya.
Layanan yang disediakan
KRL pada saat ini sudah membuat para penggunanya merasa nyaman, dengan tarif
yang cukup terjangkau. Angkutan yang
bebas macet ini mempunyai daya tarik tersendiri, walaupun pada jam – jam tertentu
mereka harus rela berdesak – desakan dengan pengguna lainnya .
Setiap harinya KRL ini
beroperasi pada pukul 04.00, lalu
tercatat KRL yang berangkat dari Jakarta menuju Bekasi, Bogor, Serpong,
Tanggerang berakhir pada pukul 23.30. KRL yang beroperasi setiap harinya ada 18
rangkaian dengan 12 gerbong kereta dan 31 rangkaian dengan 10 gerbong kereta.
Seperti yang kita ketahui gerbong utama dan akhir di khususkan untuk para
wanita.
Data yang tercatat
sepanjang tahun 2016, jumlah penumpang kereta listrik jabodetabek naik sebesar
8,9 persen, total ada 280 juta penumpang KRL pada tahun 2016. Hampir sekitar 50
persen diantaranya berasal dari Bogor dan Depok. Bogor yang terkenal sebagai
kota hujan ini memilik stasiun peninggalan dimasa penjajahan Belanda yang
dinobatkan menjadi salah satu bangunan Cagar Budaya, terletak di Jalan Nyi Raja
Permas No.01, Kota Bogor, Jawa Barat.
Stasiun Bogor mempunyai
beberapa fasilitas yang terbaru yaitu guiding block (jalur pemendu untuk
penyandang tuna netra), vending machine (pembelian tiket otomatis), dan lahan
parker susun dua. Sugi Hartanto selaku kepala stasiun Bogor mengungkapkan ,
bahwa pihak dari KRL selalu mengupayakan agar dapat memberikan fasilitas dan
kenyaman yang terbaik bagi para penggunanya, baik dari fasilitas yang ada di
dalam KRLnya itu sendiri maupun fasilitas yang ada di setiap stasiun. Khususnya
untuk stasiun Bogor sendiri selalu memperbaiki dan menambahkan fasilitas supaya
pengguna KRL semakin nyaman. (silvia maharani)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar