Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Senin, 17 April 2017

Demam Berdarah Jadi Penyakit Menakutkan di Pasar Minggu

Hasil gambar untuk demam berdarah
Sumber: https://www.google.co.id/liputan6.com


Pasar Minggu – Penyakit Demam Berdarah atau demam dengue secara umum telah diketahui oleh masyarakat Indonesia.  Penyakit yang dapat meningkatkan suhu tubuh penderita ini seringkali disertai sakit kepala, nyeri otot dan tulang serta nyeri di bagian belakang mata.

Masalah lingkungan sering menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Lingkungan yang kotor ditambah lagi dengan kurangnya kesadaran masyarakat akan mempercepat penyebaran penyakit yang tergolong mematikan ini. Karena itu, Demam Berdarah (DBD) menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat Jakarta karena kondisi lingkungan yang kurang bersih.

Apalagi, jika lingkungan Jakarta dengan populasi penduduk yang padat tidak diperhatikan secara serius oleh masyarakat dan pemerintah. Contohnya, di daerah Kecamatan Pasar Minggu, DBD sangat rentan terjadi.

Menurut Dwi, karyawan kecamatan Pasar Minggu bagian BLH, kondisi tersebut disebabkan karena pemahaman masyarakat yang masih rendah.

“DBD lagi tinggi di daerah wilayah kecamatan Pasar Minggu karena kurang kesadaran dan pemahaman masyarakat,” ujar Dwi.

Ia menambahkan, gejala penyakit demam berdarah termasuk cukup menakutkan, meskipun pada fase ini panas tubuh mengalami penurunan.

“Gejala DBD tergolong parah di antaranya adalah kerusakan pada pembuluh darah dan kelenjar getah bening, muntah-muntah yang disertai darah, keluarnya darah dari gusi dan hidung, napas terengah-engah, dan pembengkakan organ hati yang menyebabkan nyeri di sekitar perut,” jelas Dwi.

Tanda bintik-bintik, lanjut Dwi juga merupakan gelala dari demam berdarah.

Ia juga menambahkan, meskipun gejalanya tergolong belum parah, kesadaran masyarakat dan pengawasan dari dinas kebersihan sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah (DBD). (Victor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar