Berita Terkini

Makanan Halal Semakin Berkembang di Singapura

Singapura, 8 Januari 2024 - Industri makanan halal di Singapura terus mengalami perkembangan pesat, memberikan pilihan yang lebih luas bagi ...

Sabtu, 03 Juni 2017

DUKUNGAN KETUA DPD KERJASAMA INVESTASI DENGAN CHINA

CyberUnas –  

                                                              ( Foto : Istimewa)
Ketua DPD RI , DR. Oesman sapta telah mendukung adanya peningkatan investasi dari negara china ke indonesia.Adanya investasi tersebut akan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dan membuka peluang untuk lapangan kerja bagi masyarakat,dirinyapun juga berharap agar kerjasama investasi tersebut dapat di realisasikan segera.

            Pada saat menyampaikan keynote speech dalam one belt one road forum for indonesia, China dan malaysia di gedung danapala kementrian keuangan pada hari kamis (18/5/17) , Dr. Oesman sapta mengharapakan agar china tidak ragu untuk menanam investasi di indonesia.bahwasannya indonesia yang merupakan negara yang memiliki pasar potensial untuk china.

            Tanpa meragu demi kemajuan ekonomi indonesia ketua dpd membuka investasi agar tidak terjadinya masa sulit kedepan terhadap indonesia.Dengan itu oesman sapta menyatakan “ Di asia tenggara , indonesia adalah pasar terbesar , Kita tidak perlu khawatir dengan pasar lokal bila investasi di indonesia.Kita harus membuka pintu selebar – lebarnya untuk investasi semi finishing product ,” ujarnya Dr.oesman sapta.

            Oesman sapta menambahkan bahwa dalam bentuk kerja sama  perdagangan indonesia dengan dengan china harus dilakukan secara langsung tanpa melibatkan negara lain sebagai pihak ketiga.Karena selama ini kerjasama di bidang ekspor dan impor yang di lakukan oleh kedua negara selalu melangkahi negara lain sebagai pihak ketiga,Oleh karena itu dirinya berpesan agar indonesia mengutamakan pelayanan yang maksimal terhadap investor dengan tujuan untuk memuaskan negara negara bagian yang telah berinvestasi ,akan tetapi juga memancing negara lain untuk berpatisipasi dalam investasi ke indonesia.

            Oesman sapta juga memberikan catatan terkait kerjasama indonesia dengan china, Selama ini kerjasama perdagangan indonesia dengan china masih belum berimbang.Indonesia lebih sering mengimpor barang dari china,oleh karena itu oesman sapta pun menyarankan untuk adanya sistem perdagangan yang berimbang antara indonesia dengan china untuk mendukung pertumbuhannya ekonomi kedua negara tersebut.


            “Dalam politik kita boleh berbeda,akan tetapi dalam ekonomi kita harus membangun satu perimbangan.Perimbangan ekonomi merupakan pendekatan political will yang mampu mendekatkan kedua negara ,” ujarnya oesman sapta.Namun akan hal tersebut dalam kerjasama mampu meraung kemajuan dengan tahap perdangan dalam kerjasama antara indonesia dengan china.

            Forum ini digagaskan sebagai perwujudan konsep jalur maritim dari Presiden jokowi dari gagasan ‘One Belt One Road ‘ dari Presiden china , Xi Jinping saat pertemuan pada tahun 2015.Terdapat sekitan 1.200 peserta dalam forum ini baik dari indonesia maupun china dan malaysia.

Penulis : Fathin Jabir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar